Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 11:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Mobil kencang pada umumnya digunakan untuk kompetisi balap. Meski demikian, tidak sedikit masyarakat yang memodifikasi mobil hariannya menjadi lebih kencang dan bertenaga.

Seperti yang diketahui mobil kencang memang identik dengan mobil yang keren dan sporty. Hal itu membuat sebagian masyarakat ingin memiliki mobil yang mampu melesat dengan kecepatan tinggi meski digunakan untuk sehari-hari.

Mobil-mobil yang kencang ini sudah sewajarnya menggunakan komponen khusus untuk mendukung kebutuhan, termasuk dalam hal memilih kampas rem. Lantas, seperti apa karakter kampas rem yang dibutuhkan oleh mobil kencang?

Baca juga: Seperti Apa Karakter Kampas Rem Mobil yang Bagus?

Kampas rem asli dan imitasi bisa dibedakan dari materialnya. Pada barang palsu lebih berkilau karena banyak menggunakan bahan metal sedangkan yang asli lebih kasar.Febri Ardani Kampas rem asli dan imitasi bisa dibedakan dari materialnya. Pada barang palsu lebih berkilau karena banyak menggunakan bahan metal sedangkan yang asli lebih kasar.

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio mengatakan, mobil-mobil kencang baik hasil modifikasi atau pun memang bawaan standar pabrik membutuhkan kampas rem serta komponen lainnya yang mendukung.

“Seperti kaliper rem, itu jelas berbeda dengan mobil-mobil harian standar, jika kaliper rem pada mobil harian biasanya terdapat piston satu, atau dua, pada mobil-mobil kencang bisa empat atau lebih karena memang membutuhkan gaya pengereman yang lebih besar dan merata,” ucap Rio kepada Kompas.com, Minggu (22/1/2023).

Dia mengatakan tidak hanya kaliper rem, kampas rem dan rotor disc juga dibutuhkan yang berbahan dasar khusus.

Baca juga: Ini Bahaya dan Kerugian Pakai Kampas Rem Mobil Palsu

Pelek dan ban yang digunakan oleh mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Pelek dan ban yang digunakan oleh mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

“Kampas rem dan rotor disc pada mobil-mobil kencang didesain memiliki penyerapan panas yang maksimal, bahkan bahan materialnya khusus yang tahan suhu mencapai 600 derajat celcius bahkan lebih,” ucap Rio.

Dia mengatakan karakter kampas rem pada mobil kencang memang berbeda dari kampas rem untuk mobil harian.

“Sehingga tidak aneh bila satu set rem untuk mobil kencang atau balap dibanderol dengan harga yang lebih mahal berkali-kali lipat,” ucap Rio.

Baca juga: Penyebab Kampas Rem Mobil Habis Tak Rata

Dia mengatakan mobil kencang memang memiliki spesifikasi mesin yang lebih tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan juga tinggi maka dari itu komponen rem juga perlu menyesuaikan.

“Jika tidak, maka kampas rem bisa terbakar, atau justru terjadi rem blong karena saat rem bekerja suhunya bisa melebihi dari limit suhu yang ditentukan oleh pabrikan untuk kampas rem standar harian tersebut,” ucap Rio.

Jadi, kampas rem untuk mobil-mobil kencang memiliki ciri yang khas yaitu tahan terhadap panas, karena untuk dapat memperlambat laju mobil dengan tenaga yang besar membutuhkan gaya pengereman yang besar pula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.