Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil pribadi masih menjadi salah satu impian bagi banyak orang. Selain sebagai alat transportasi, ada pandangan umum bahwa memiliki mobil sama artinya dengan kesuksesan.

Di Indonesia mobil paling laris ialah kelas Low MPV atau mobil keluarga kelas bawah. Sebut saja model-model ternama, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, dan terbaru ada Hyundai Stargazer.

Baca juga: Loyalis Vespa dan Mercedes-Benz Gelar Konvoi dan Bakti Sosial

Perencanaan Keuangan dari OneShildt Financial Planning, Budi Raharjo, mengatakan, membeli mobil akan menambah pengeluaran untuk itu perlu rencana tepat sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara menyicil.

Komparasi Mitsubishi Xpander dan Hyundai StargazerKompas.com/AdityoWisnu Komparasi Mitsubishi Xpander dan Hyundai Stargazer

"Untuk cicilan kendaraan idealnya jika digunakan untuk pribadi (bukan untuk keperluan usaha), maka maksimal cicilan adalah 36 kali atau sekitar 3 tahun," kata Budi kepada Kompas.com, Selasa (24/1/2023).

Budi pun memberikan simulasi berapa gaji yang pas buat seseorang sebelum memutuskan untuk menyicil mobil. Dalam hal ini contoh yang diambil ialah, varian termurah Toyota Avanza 13 E Manual harga Rp 233 juta on the road (OTR) Jabodetabek.

"Jadi apabila ternyata diambil dengan DP paling murah, cicilan berdasarkan ilustrasi adalah Rp 7,41 juta. Nilai cicilan total per bulan seseorang sebaiknya tidak melebihi 35 persen dari pemasukan," kata dia.

Baca juga: Mau Beli Helm, Baiknya Dicoba Langsung biar Pas dengan Kepala

Komparasi All New Avanza TSS dan Xenia ASAKOMPAS.com/STANLY RAVEL Komparasi All New Avanza TSS dan Xenia ASA

"Jadi dengan asumsi orang tersebut hanya memiliki kredit kendaraan semata, maka pemasukan idealnya adalah minimal Rp 21,17 juta," ujar Budi.

Namun kata Budi, nilai cicilan ini bisa diperingan dengan mempersiapkan uang muka (DP) yang lebih besar atau mencari pinjaman dengan bunga yang lebih kompetitif.

"Misalnya mencari pinjaman dari kantor tempat bekerja jika perusahaan menyediakan program kepemilikan kendaraan bagi karyawan, atau bank yang sudah ada kerjasama dengan perusahaan tempat bekerja," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.