Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Profesi pramugari dalam layanan transportasi kini tidak hanya menjadi awak kabin pesawat atau kereta saja, tapi juga ada di bus antar kota dan provinsi (AKAP).

Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah menjadi pelopor untuk memberikan layanan dari pramugari untuk kenyamanan penumpang.

Dalam satu armada bus yang menggunakan pramugari biasanya tidak ada kernet yang bertugas. Peran dari kernet digantikan oleh seorang wanita yang telah terlatih untuk berprofesi sebagai pramugari bus AKAP.

Baca juga: Arus Lalin Padat, Ganjil Genap dan One Way di Puncak Bogor Berlaku Sampai Besok

Direktur PT Rosalia Indah Transport  Adimas Rosdian mengatakan, perusahaannya tidak akan memberikan tugas yang berat terhadap pramugari. Bila bus mengalami masalah, peran pramugari adalah membantu sopir dengan menghubungi operator dari layanan car storing.

“Misalnya ada bus alami masalah atau rusak kita ada pelayanan storing. Storing itu pelayanan mekanik yang menghampiri untuk membantu setiap kerusakan armada Rosalia Indah. Jadi untuk pekerjaan tetap kami mudahkan untuk wanita, “ kata Dimas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

 

Di sisi lain, pihak perusahaan juga telah merancang agar setiap pramugari tidak sembarangan ada di setiap armada. Maka dari itu, pramugari hanya bekerja di bus AKAP produk premium atau bus mewah dengan tugas yang tidak terlalu berat bagi wanita.

Hesti, pramugari PO Rosalia Indah mengatakan dalam melayani penumpang di bus AKAP tidak luput dari urusan kebersihan kabin hingga keamanan barang bawaan penumpang. 

Pramugari dan pramugara PO Rosalia IndahPO Rosalia Indah Pramugari dan pramugara PO Rosalia Indah

“Kebersihan armada ada prioritas sebelum armada digunakan. Memeriksa daftar penumpang sesuai tiket jangan sampai ada penumpang yang terlewat dari tujuannya. Memastikan barang bagasi tidak tertukar, menurunkan barang bagasi penumpang meskipun berat harus tetap tersenyum,” kata Hesti.

Baca juga: Penting, Cek Kondisi Ban Setelah Beli Mobil Bekas

Tugas pramugari bus AKAP lainnya yaitu memberikan informasi yang jelas kepada penumpang, mengucapkan informasi perjalanan dengan baik.

Mengamati gerak gerik penumpang, jika ada yang membutuhkan pertolongan langsung ditangani untuk diberikan pertolongan.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.