Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mau ke Bali Naik Bus, Ini Daftar Bus AKAP Rute Jakarta - Denpasar | Anak PM Malaysia Dihalangi Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol

Kompas.com - 23/01/2023, 06:03 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergi ke Bali menggunakan moda transportasi darat kini bisa dipilih dengan layanan bus antar kota dan antar provinsi (AKAP).

Berbagai perusahaan otobus (PO) kini membuka layanan bus AKAP untuk perjalanan antar pulau, seperti ke Bali.

Bus AKAP rute Jakarta – Denpasar kini bisa jadi pilihan ke pulau Dewata selain menggunakan pesawat. Bahkan, menggunakan bus AKAP ke Bali dinilai lebih ekonomis.

Selain itu, jalan tol terdiri dari beberapa lajur, dan tiap lajur difungsikan sesuai peruntukannya sendiri. Laju paling kanan hanya digunakan untuk menyalip kendaraan. Namun pada kenyataannya tak sedikit pengemudi yang belum paham soal lajur kanan.

Pengemudi mobil berjalan konstan bahkan cenderung lambat tanpa kepentingan untuk mendahului kendaraan yang ada di depannya.

Kondisi ini disebut dengan lane hogger, di mana pengemudi berjalan statis di lajur kanan padahal di depannya kosong. Tindakan ini merupakan pelanggaran di jalan tol.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada MInggu, 22 Januari 2023 :

1. Mau ke Bali Naik Bus, Ini Daftar Bus AKAP Rute Jakarta - Denpasar

Hanya saja, perjalanan menggunakan bus AKAP memakan durasi yang lebih panjang dari perjalanan menggunakan jalur udara.

Namun, kini berbagai PO memberikan berbagai fasilitas dan juga layanan terbaik agar penumpang tetap nyaman selama perjalanan.

Berikut Kompas.com kumpulkan beberapa bus AKAP yang menyediakan layanan rute Jakarta –Denpasar :

Baca juga: Mau ke Bali Naik Bus, Ini Daftar Bus AKAP Rute Jakarta - Denpasar

 

2. Anak PM Malaysia Dihalangi Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol

Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia Jasa Marga Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia

Seperti contoh yang dialami oleh putri Perdana Menteri (PM) Malaysia, Nurul Ilham Anwar, di salah satu ruas jalan tol di Malaysia. Kejadian ini pun dibagikan melalui akun Twitter pribadinya.

“Saya biasanya tidak memposting hal-hal ini tetapi saya diintimidasi di jalan hari ini. Mobil ini terus menginjak rem di jalur tercepat. Sangat berbahaya dan saya membawa anak saya yang berumur 2 tahun. Berada di sana selama 1 menit sebelum dia pindah ke jalur berikutnya,” tulis cuitan tersebut.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum Budiyanto mengatakan, perilaku lane hogger merupakan perbuatan menyalahi aturan yang perlu ditertibkan karena berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Anak PM Malaysia Dihalangi Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com