Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Parkir Mobil Transmisi Manual di Tanjakan dan Turunan

Kompas.com - 20/01/2023, 14:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Parkir mobil membutuhkan teknik dasar dan analisa risiko bahaya di tempat parkir. Apalagi bila kondisi jalan tanjakan dan turunan yang curam. 

Bila mobil transmisi matik saat parkir dapat menggunakan gigi P, kemudian itu pun menjadi pertanyaan pemilik mobil manual

Seperti diketahui, parkir di permukaan jalan yang tidak rata berisiko menyebabkan mobil meluncur dan terjadi kecelakaan. 

Seperti disampaikan Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia. Menurutnya, posisi roda mobil yang mengarah ke sisi trotoar diharapkan membantu sebagai pengaman pada situasi darurat. 

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

"Sebagai antisipasi bila mobil meluncur. Ada penahan, trotoar. Roda yang berbelok ke sisi luar membuat mobil langsung meluncur kencang ke bawah," kata Sony. 

Baca juga: Parkir di Tempat Umum Wajib Mundur, Kenapa?

Menurut dia, ada satu cara tradisional yang banyak digunakan, yaitu parkir dalam posisi gigi transmisi di 1 atau R. Namun, kata Sony, risikonya menjadi lebih besar, mobil yang di hidupkan pertama kali bisa menabrak kendaraan lainnya atau objek semacam tembok. 

Kemudian, bila parkir di garasi berhari-hari, Sony menyarankan, rem tangan sebaiknya dilepas untuk mencegah fenomena rem terkunci. 

Desain carport minimalis modernSpanmor_ Desain carport minimalis modern

"Roda belakang atau depan bisa diganjal pakai balok. Rem tangan sering terkunci karena lengket, itu menjadi alasan para pemilik untuk melepaskan rem saat parkir lama," katanya. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, faktor utama parkir di tempat yang dinilai berbahaya seperti di tanjakan atau turunan yang curam adalah perhitungan matang. 

"Gradien kemiringan tanjakan sebelumnya dapat diperkirakan, apakah rem tangan kuat. Untuk faktor keamanan eksternal, bisa menambah pengganjal roda, tapi itu solusi terbatas. Pertimbangan yang diutamakan tetap tempat parkir yang aman," tutur Jusri. 

Baca juga: Polisi Incar Pengendara Motor yang Naik Trotoar, SIM Bisa Dicabut

Jusri pun sependapat bahwa posisi parkir di tanjakan atau turunan yang curam roda sebaiknya di belokkan ke sisi trotoar.

Ilustrasi parkir mobilresi.blog.realestate.com.au Ilustrasi parkir mobil

Ia menyebut, trotoar jalan akan menahan mobil untuk mencegah sampai meluncur ke bawah. Bila ban lurus, tidak ada hambatan apapun. Dan peluang jatuhnya korban juga makin besar. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com