Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan Bisa sampai Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 20/01/2023, 18:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil bekas tabrakan kerap menjadi perhatian tersendiri khususnya bagi pembeli mobil bekas. Pasalnya, tidak sedikit oknum pedagang mobil bekas tidak jujur, dengan kata lain menutup-nutupi kerusakan akibat kecelakaan alih-alih memperbaikinya.

Meski demikian, tidak sedikit juga pedagang atau pengguna mobil terbuka dengan kondisi mobil yang memang pernah mengalami tabrakan. Sehingga, calon pembeli mengetahui kekurangan mobil tersebut.

Sehingga, calon pembeli hanya perlu memperhitungkan biaya perbaikannya sebelum membeli mobil tersebut. Lantas, berapa biaya perbaikan mobil bekas tabrakan?

Baca juga: Kenapa Bagian Depan Mobil Sekarang Mudah Ringsek?

Satu unit mobil Suzuki Ertiga yang ringsek akibat menabrak tiang listrik dan seorang perempuan berinisial S (53). S tewas ditabrak mobilnya sendiri usai ia meminta bantuan kepada seseorang untuk memindahkan mobilnya.Dokumentasi Pribadi. Satu unit mobil Suzuki Ertiga yang ringsek akibat menabrak tiang listrik dan seorang perempuan berinisial S (53). S tewas ditabrak mobilnya sendiri usai ia meminta bantuan kepada seseorang untuk memindahkan mobilnya.

Pemilik Sriyatin Car Bintaro Agus Setiawan mengatakan, biaya perbaikan mobil bekas tabrakan bisa sangat beragam, tergantung seberapa banyak komponen yang rusak.

“Semakin banyak komponen yang rusak, maka biaya perbaikan mobil bekas tabrakan secara umum akan semakin banyak, nah soal berapa besarnya ini yang menjadi masalah, sebab di pasaran biaya perbaikan bisa beragam, atau gelap istilahnya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Dia mengatakan setiap bengkel body repair biasanya memasang tarif perbaikan bodi berbeda-beda satu dengan yang lain.

Baca juga: Balai Lelang Ini Bakal Lelang Mobil Ringsek Milik Asuransi

Kondisi salah satu mobil yang ringsek lantaran ditabrak mobil lain di Bukit Gading Mediterania, RW 016 Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (16/9/2022). Zintan Prihatini/KOMPAS.com Kondisi salah satu mobil yang ringsek lantaran ditabrak mobil lain di Bukit Gading Mediterania, RW 016 Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (16/9/2022).

“Ini pinter-pinternya mencari bengkel body repair saja sih, karena biaya perbaikan bodi karena bekas tabrakan sangat beragam, terkadang ada komponen yang harus diganti dengan yang baru, bisa juga diperbaiki demi menjaga kualitas dan mempertimbangkan biaya,” ucap Agus.

Dia mengatakan untuk komponen yang harus diganti ini tentu setiap jenis mobil berbeda-beda harganya menyesuaikan harga komponen di pasaran.

“Kalau dirinci perbaikan mobil bekas tabrakan bisa saja mengganti dengan komponen baru, meluruskan plat yang bengkok, menyambung dengan las yang patah, perbaikan bodi, hingga pegecatan,” ucap Agus.

Baca juga: Mobil Ringsek Tertabrak Kereta, Bisa Klaim Asuransi?

Kondisi Mobil Toyota Avanza B 2335 TZI yang ringsek usai mengalami kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk, Jumat (24/6/2022). Doc: Polres NganjukKOMPAS.COM/USMAN HADI Kondisi Mobil Toyota Avanza B 2335 TZI yang ringsek usai mengalami kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk, Jumat (24/6/2022). Doc: Polres Nganjuk

Untuk dijadikan gambaran saja, Agus pernah memperbaiki mobil Nissan Evalia bekas tabrakan di bagian depan kiri hingga sampai pintu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.