Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Ini Gagal Dicuri Maling karena Akinya Dilepas

Kompas.com - 20/01/2023, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur panjang Imlek 2023 pada akhir pekan ini, para pemilik motor yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong harus lebih waspada. Pasalnya, aksi kegiatan semakin marak belakangan ini dan mengancam motor kesayangan Anda.

Seperti kejadian baru-baru ini di Depok, Jawa Barat, di mana sebuah motor nyaris dibawa kabur maling saat diparkir di depan rumah.

Namun menariknya, motor sport tersebut tidak jadi dibawa kabur oleh maling lantaran sang pemilik telah mencabut aki motor.

Baca juga: Ingat, Pelat Nomor RFS dan Sejenisnya Bukan Prioritas di Jalan Raya

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Info Depok (@infodepok_id)

Alhamdulillah karena motor akinya saya copot jadi motor aman sih min, jadi hanya ditinggal di depan pagar,” tulis keterangan Instagram @infodepok_id (20/1/2023).

Untuk diketahui, melepas aki motor memang jadi salah satu trik untuk mengecoh maling, di samping memasang kunci ganda pada motor kesayangan.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, melepas aki motor buat keamanan sah saja dilakukan. Namun, pemilik harus memperhatikan cara benar melepas dan memasang aki motor.

Baca juga: Ibu-ibu Ngerem Mendadak di Tengah Jalan, Tertabrak Marah-marah

Ilustrasi aki motorIstimewa Ilustrasi aki motor

Meskipun aki bisa dicopot dengan mudah, ternyata prosesnya harus dilakukan dengan benar untuk menghindari risiko buruk yang bisa terjadi seperti korsleting.

“Pada saat mencopot aki, bisa dimulai dari melepas kabel negatif lebih dulu baru kemudian kabel positif,” ujar Rendra kepada Kompas.com (20/1/2023).

Dalam kondisi kabel negatif terlepas, seluruh aliran listrik yang berlangsung di motor bakal langsung terputus.

Baca juga: Ini Kelas Bus AKAP yang Punya Layanan Makan Gratis

Tujuh tersangka sindikat pencurian dengan 91 TKP yang ditangkap Polresta Bandar Lampung, Rabu (21/12/2022).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Tujuh tersangka sindikat pencurian dengan 91 TKP yang ditangkap Polresta Bandar Lampung, Rabu (21/12/2022).

"Jika kabel positif duluan yang dilepas, seluruh perangkat elektrikal di motor masih tetap terhubung dengan aliran listrik. Makanya, kalau kabel positif yang dilepas duluan, bakal timbul percikan api di kutub aki motor,” ucap Rendra.

Hasilnya, pengguna pun berpeluang kesetrum atau terjadi kebakaran jika kabel positif dilepas lebih dulu.

Meskipun tidak langsung merusak, melepas kabel positif lebih dulu berpeluang membuat perangkat kelistrikan di motor eror atau malafungsi

“Untuk pemasangan aki justru sebaliknya, yaitu hubungkan kabel positif lebih dulu baru kabel negatif ke aki,” kata Rendra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.