Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Pikap Wuling Formo Max Vs Suzuki Carry

Kompas.com - 20/01/2023, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Wuling Formo Max sebagai kendaraan pikap kelas B di Indonesia membuat warna tersendiri pada segmen mobil komersial. Apalagi, produk yang sudah dirakit di dalam negeri tersebut dipasarkan dengan harga kompetitif yaitu Rp 162 juta sampai Rp 171 jutaan.

Penetapan banderol itu, mirip-mirip dengan sejumlah produk yang sudah lebih dulu bermain di kendaraan pikap. Suzuki Carry misalnya, yang dijual Rp 161 juta hingga 171,2 juta On-The-Road (OTR) DKI Jakarta.

Walau demikian, pihak Wuling mengklaim bila sebagai penantang baru, Formo Max dibekali sejumlah penawaran yang menarik guna meningkatkan taraf hidup pengemudinya. Bagian dimaksud ialah kelengkapan fitur.

Baca juga: Komparasi Kapasitas Muatan Wuling Formo Max Vs Suzuki Carry

New Carry SuzukiSuzuki New Carry Suzuki

Tetapi, benarkah demikian? Demi membuktikan hal tersebut redaksi Kompas.com langsung membandingkan fitur-fitur yang tertera pada kedua produk di atas dengan cara bandingkan spesifikasinya.

Sebelum ke sana, mari kita lihat bagian interior dari Formo Max. Di mana, desain mobil niaga baru tersebut seperti kendaraan penumpang. Bahkan, kursinya mengadopsi model single seat dengan headrest.

Sementara Carry, memakai konfigurasi kursi lebih sederhana dengan adanya integrasi antara pengemudi dan penumpang. Tapi kelebihannya, bila dibutuhkan bagian ini bisa diisi oleh tiga orang sekaligus.

Baca juga: Untung atau Rugi Beli Mobil Bekas Tabrakan?

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

Untuk fitur-fitur, Formo Max lebih diandalkan mulai dari hadirnya speedometer yang modern, MID yang menyajikan beragam informasi seperti konsumsi BBM dan jarak tempuh, hingga pengaturan kursi yang bisa disesuaikan walau pakai tuas.

Sedangkan Carry, tidak ada MID, hanya ada penunjuk BBM analog. Tetapi keunggulannya, mobil ini punya kompartemen penyimpanan yang lebih banyak walau secara umum desainnya kaku dan mengotak.

Perihal fitur keselamatan dan keamanan, seluruh varian Formo Max dilengkapi dengan fitur yang lebih baik dan mumpuni. Fitur tersebut terdiri dari rem cakram pada roda depan plus sistem pengereman ABS & EBD yang belum dipakai Carry.

Baca juga: Daftar BEV Terlaris di Indonesia 2022, Air EV Dominasi Pasar

All New Suzuki Carry resmi Diluncurkan, Kamis (25/4/2019)Kompas.com/Setyo Adi All New Suzuki Carry resmi Diluncurkan, Kamis (25/4/2019)

Sabuk pengaman juga telah dilengkapi sistem penarik dan penguncian otomatis, pengingat penggunaan sabuk pengaman bagi sopir, sampai dengan alarm anti pencurian.

Kemudian untuk fitur lainnya, ada Foldable Remote Key, pengaturan kursi dan sandaran untuk kepala, automatic power windows, dan sunvisor untuk supir. Sedangkan pada varian teratas Formo Max, ada penambahan fitur berupa air conditioner, head unit radio dan koneksi USB, serta 2 speaker.

Tidak kalah ketinggalan, Carry juga punya kunci immobilizer, speedometer lebih fungsional tanpa takometer, dan ruang kompartemen pada banyak sisi di dasbor. Kedua mobil, sama-sama sudah dibekali dengan Electronic Power Steering (EPS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com