Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Kapasitas Muatan Wuling Formo Max Vs Suzuki Carry

Kompas.com - 20/01/2023, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali tahun 2023, Wuling Indonesia memperkenalkan produk baru yang bergerak di segmen pikap B dengan penggerak dua roda, yaitu Formo Max.

Dengan harga Rp 160 juta sampai Rp 170 jutaan, mobil akan menantang langsung sejumlah kendaraan niaga yang sudah lama berada di pasar, seperti Suzuki Carry sebagai penguasa di segmen terkait.

Walau demikian, pihak Wuling Indonesia tak gentar karena Formo Max dibekali oleh sejumlah aspek yang diklaim mampu meningkatkan taraf hidup para penggunanya. Seperti, dimensi dan luas bak yang disebut lebih besar.

Baca juga: Indomobil Punya Platform Jual Beli Mobil Bekas

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

Lantas bila dibandingkan secara langsung, benarkah demikian?

Melansir lembar spesifikasi antar kedua produk tersebut, di atas kertas, Formo Max, punya panjang bak yang lebih unggul dengan 2.695 mm. Sementara carry, tercatat memiliki total panjang 2.505 mm.

Tetapi bila melihat lebar dan tingginya, Carry masih unggul dengan 1.745 mm dan 425 mm. Untuk Formo Max, lebar baknya 1.725 mm sedangkan tingginya 390 mm.

Kemudian untuk kapasitas angkut, baik Wuling Formo Max dan Suzuki Carry mengklaim bisa membawa barang dengan berat hingga 1 ton.

Ditambah lagi untuk bukaannya dinding baknya juga sama-sama pakai fitur 3-way, artinya proses naik turun barang bisa lebih mudah.

Baca juga: 2 Tahun Lagi Kendaraan Listrik Bakal Bebas PKB dan BBNKB

Suzuki Carry PikapSIS Suzuki Carry Pikap

Bukan cuma dimensi bak belakang, spesifikasi mesin pada mobil komersial juga terbilang penting biar enggak kedodoran saat membawa barang banyak.

Wuling Formo Max dibekali dengan mesin 1.500 cc yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan, mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga sebesar 98 dk pada 5.800 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 3.400-4.400 rpm.

Sedangkan Suzuki Carry Pick Up, menggendong mesin K15B-C berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga puncak 95 dk pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 135 Nm pada 4.400 rpm.

Artinya, secara spesifikasi kedua produk ini hampir serupa tapi bila berbicara muatan, sangat tergantung kebutuhan dan peruntukkan. Panjang Formo Max memang lebih unggul tapi lebar dan tinggi masih belum terbaik di kelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com