Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2023, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V merupakan penantang baru di segmen SUV ringkas atau masuk juga ke low sport utility vehicle (LSUV). Dua kaki WR-V dimungkinkan terjadi karena dimensi yang kompak, tapi mesin 1.500 cc yang ditawarkan Honda pada model ini.

Dari desain eksterior dan interiornya, WR-V memang terlihat memiliki kemiripan dengan All New BR-V. Konsep common parts yang sudah menjadi konsep manufaktur terlihat nyata demi skala ekonomi yang lebih kompetitif. Singkat cerita, supaya biaya produksi lebih murah.

Sedangkan dari segi fiturnya, WR-V mungkin tidak selengkap BR-V. Tapi, mobil ini juga sudah disematkan fitur keselamatan aktif atau Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terintegrasi dalam Honda Sensing.

Baca juga: Ulas Interior Honda WR-V, Kabin Lapang untuk Ukuran LSUV

Khususnya pada WR-V tipe tertinggi, yakni tipe RS, yang diuji oleh tim Kompas.com belum lama ini. Fitur tersebut meliputi Road Departure Mitigation, Collision Mitigation Brake System, serta Adaptive Cruise Control.

Setir Honda WR-VKompas.com/Donny Setir Honda WR-V

Menurut test driver Kompas.com, ketiga fitur tersebut sangat membantu dalam berkendara. Khususnya, fitur Adaptive Cruise Control.

Dengan fitur tersebut, pengendara tidak perlu menginjakkan kaki di pedal gas. Sehingga, berkendara jadi lebih santai. Tapi, bukan berarti bisa lepas kendali. Tangan harus tetap memegang setir, pandangan juga harus tetap ke jalan, dan kaki bersiaga di pedal rem.

Baca juga: Ulas Tampilan Honda WR-V, SUV Ringkas Untuk Perkotaan

Dengan kondisi lalu lintas yang lancar atau sedikit ramai, fitur Adaptive Cruise Control dapat bekerja dengan baik. Bahkan, melakukan pengereman dan berakselerasi secara otomatis.

Speedometer Honda WR-VKompas.com/Donny Speedometer Honda WR-V

Selain itu, fitur lainnya seperti Auto-High Beam dan Lead Car Departure Notification System juga tetap berkerja optimal untuk memastikan pengemudi tetap waspada berada di balik kemudi.

Fitur lainnya yang sangat membantu saat berkendara adalah Honda Lanewatch. Fitur ini akan menampilkan gambar pada layar head unit terkait kondisi di sisi kiri mobil. Sehingga, dapat meminimalisasi titik buta.

Head unit Honda WR-VKompas.com/Donny Head unit Honda WR-V

Fitur tersebut aktif secara otomatis ketika lampu sein kiri diaktifkan. Pengendara juga bisa mengaktifkannya secara manual dengan menekan tombol pada tuas di sebelah kanan setir.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.