Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Punya Honda WR-V, Apa Bedanya Versi India dan Indonesia

Kompas.com - 02/01/2023, 08:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum Indonesia, nama Honda WR-V sebenarnya sudah ada dan meluncur lebih dulu di India pada 2017.

Hal ini mendatangkan sedikit tanda tanya, apalagi Honda Prospect Motor (HPM) dalam peluncurannya mengklaim small SUV ini hadir untuk pertama kalinya di dunia.

Menjelaskan hal ini, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, WR-V di India dan Indonesia berbeda.

Baca juga: Seberapa Irit Honda WR-V Diajak Keliling Pulau Dewata

"Nama boleh-boleh saja sama. HR-V di Amerika ada, tapi beda (dengan Indonesia), WR-V dengan India beda juga. Historikal Honda memang bisa menggunakan nama yang sama tapi berbeda mobilnya," ujar Billy kepada media beberapa waktu lalu.

Honda WR-V versi Indiawww.hondacarindia.com Honda WR-V versi India

Lebih lanjut Billy mengatakan, WR-V yang baru saja diluncurkan pada 2 November 2022 lalu, merupakan pengembangan dari R&D Thailand yang di studi langsung untuk konsumen Indonesia.

Tak hanya itu, soal produksi Billy juga menyampaikan, untuk saat ini WR-V masih dibuat di Karawang, Jawa Barat, dan akan di jual ke beberapa negara dalam waktu dekat.

"WR-V di India juga beda, platformnya masih pakai Jazz, jadi seperti Jazz yang ditinggikan. Untuk yang di sini benar-benar baru," kata Billy.

Baca juga: Berapa Konsumsi BBM The President BMW X7?

Sebenarnya ada banyak perbedaan antara WR-V di India dan Indonesia. Bukan hanya dari segi desain dan platform saja.

Test drive Honda WR-V di BaliHPM Test drive Honda WR-V di Bali

Dari mesin, WR-V di India memiliki dua pilihan, yakni 1.200 cc bensin dan 1.500 cc diesel. Sementara Indonesia hanya 1.500 cc yang serupa dengan BR-V.

Namun, WR-V di India hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual, sementara di Tanah Air semua variannya sudah mengusung CVT yang jelas lebih modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com