Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha YZR-M1 Musim 2023 Diklaim Punya Top Speed Terkencang

Kompas.com - 17/01/2023, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tepat hari ini, Selasa (17/1/2023), Monster Energy Yamaha dipastikan meluncurkan tim dan YZR-M1 versi 2023 di Indonesia.

Motor balap Yamaha YZR-M1 untuk MotoGP musim 2023 ini menjadi salah satu yang bikin penasaran. Pasalnya, test rider Cal Crutchlow menyatakan ada peningkatan performa yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

Crutchlow menyebut, YZR-M1 kali ini punya kecepatan maksimum terkencang di antara motor balap sebelumnya, meskipun sama-sama memakai mesin inline 4.

Baca juga: Ini Efek jika Sering Gonta-ganti Jenis BBM

Test rider Yamaha MotoGP Cal CrutchlowDok. Paddock GP Test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow

"Kami punya top speed yang jauh lebih tinggi dengan mesin 2023 ini," ujar Crutchlow dilansir dari Paddock-GP (16/1/2023).

"Motornya akan menjadi yang paling cepat di akhir lurusan dan akan lebih kompetitif, karena Fabio takkan mudah dilewati begitu saja dan mungkin akan bisa menyalip pembalap lain," kata dia.

Meski begitu, menurut Crutchlow, kecepatan maksimum tidak menjadi hal utama yang dipikirkan Yamaha. Membuat motor lebih tenang saat balap berlangsung disebut jadi hal lebih penting.

Baca juga: 28 Akses Gerbang Tol yang Kena Ganjil Genap Jakarta, Melanggar Didenda Rp 500.000

“Aku bilang ke mereka apa yang kupikirkan dan apa yang kupikir penting. Tapi aku bukan mekanik, jadi ini tak mudah juga,” kata Crutchlow.

“Tapi aku mencoba banyak material. Perbedaan tes saat ini dengan tes pertamaku luar biasa. Sekarang ada 27 karyawan di tempat tes, jadi penuh kapasitasnya. Itu bagus, aku menyukainya. Tim tes semakin baik," ujar dia.

Sebagai informasi, peluncuran tim Monster Energy Yamaha dapat disaksikan secara langsung di media sosial dan website resmi Yamaha MotoGP, pada Selasa (17/1/2023) mulai pukul 10.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.