Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Tampilan Honda WR-V, SUV Ringkas Untuk Perkotaan

Kompas.com - 16/01/2023, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V resmi menjadi penantang terbaru di kelas sport utility vehicle (SUV) subkompak A, atau lebih dikenal dengan julukan SUV ringkas. Secara tampilan atau desain eksterior, mobil ini memiliki dimensi yang cukup ringkas.

PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebutkan bahwa mobil yang dikembangkan dari SUV RS Concept ini didesain khusus mengikuti kondisi Indonesia. Tak heran jika dimensinya juga dibuat menyesuaikan dengan selera konsumen lokal pada umumnya.

Baca juga: Sama-sama Punya Honda WR-V, Apa Bedanya Versi India dan Indonesia

WR-V memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm. Untuk jarak terendah ke tanah tercatat 220 mm dan jarak sumbu rodanya hanya 2.485 mm.

Honda WR-VKompas.com/Donny Honda WR-V

Secara dimensi, WR-V bisa jadi penantang serius untuk si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. WR-V memang memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih lebar dibanding Raize-Rocky.

Begitu pula dengan jarak terendah ke tanahnya. Tapi, untuk jarak sumbu roda, WR-V yang paling pendek jika dibandingkan dengan Raize-Rocky.

Menariknya, Honda mencoba melebarkan segmentasi pasar SUV ringkas ini dengan mesin setara segmen low SUV, yakni 1.500 cc. Sebut saja, Toyota Rush atau Daihatsu Terios. Tapi, soal mesin ini akan dibahas lebih lanjut, pada artikel lain.

Baca juga: Seberapa Irit Honda WR-V Diajak Keliling Pulau Dewata


Tampangnya sendiri dihiasi dengan grille yang cukup minimalis. Terlihat agresif, tapi juga modern. Desainnya masih memiliki kemiripan dengan model lainnya, di mana lampu depan mirip Brio dan BR-V. Sedangkan gril, mirip dengan HR-V.

Lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, begitu pula dengan Daytime Running Light (DRL). Bagian depan dihiasi dengan aksen krom, sehingga terkesan elegan. Lampu sein LED model sequential juga memberikan kesan moder, layaknya mobil mewah.

Beralih ke bagian samping, sekilas lekuk bodinya mirip dengan HR-V generasi terdahulu. Desainnya mengalir dari lampu depan ke bagian buritan.

Honda WR-VKompas.com/Donny Honda WR-V

Menariknya, gagang pintu pada baris kedua mengikuti HR-V. Gagang pintunya disematkan pada bagian samping bingkai jendela. Sehingga, bagian panel pintu terlihat mulus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.