Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Lawas Boleh Diisi BBM Oktan Tinggi?

Kompas.com - 13/01/2023, 12:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com -Sepeda motor yang usia pakainya lebih dari 10 tahun masih banyak penggunanya di Indonesia. Bahkan digunakan sebagai alat transportasi untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun, untuk urusan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) masih ada yang menggunakan BBM oktan tinggi atau di atas RON 90. Tujuannya, untuk menjaga performa mesin agar lebih baik. Lantas apakah benar demikian?

Baca juga: Video Viral Motor Tua Gendong Yamaha Xmax di Jok Belakang

Suzuki Shogun KeboFoto: Motorplus Suzuki Shogun Kebo

Mekanik Abdi Jaya Motor Cawas Syifa mengatakan, jenis bahan bakar untuk sepeda motor memang sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi mesinnya.

“Untuk sepeda motor modern itu memang disarankan menggunakan bahan bakar tanpa timbal oktan minimal 92, tapi kalau motor tua, Premium saja sanggup meski oktan hanya 88,” ucap Syifa kepada Kompas.com, Kamis (12/1/2023).

Dia mengatakan mesin sepeda motor tua memang didesain dengan standar yang lebih rendah, jadi bahan bakar yang disarankan memang yang kualitasnya rendah.

Baca juga: Intip Garasi Motor Tua Milik Kolektor Asal Sukoharjo

Mekanik bengkel suzuki sedang melakukan perawatan sepeda motor Suzuki Shogun. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel suzuki sedang melakukan perawatan sepeda motor Suzuki Shogun.

“Kalau sepeda motor tua dikasih bahan bakar bagus, misal Pertamax Turbo, itu tidak akan membuat sepeda motor menjadi semakin bertenaga atau kencang, karena meski bahan bakarnya berkualitas kemampuan mesin belum memadai,” ucap Syifa.

Menurut dia, mesin tidak memiliki kompresi yang cukup tinggi untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

“Padahal, bahan bakar dengan oktan tinggi memang disiapkan untuk kendaraan yang memiliki kompresi yang tinggi, harapannya bisa menghasilkan tenaga yang lebih,” ucap Syifa.

Baca juga: Alasan Restorasi Motor Tua Masih Populer

Yamaha RX-Z yang ditukar dengan sebidang tanah terjadi di Malaysia.FOto: Arenamotosikal Yamaha RX-Z yang ditukar dengan sebidang tanah terjadi di Malaysia.

Sementara itu, Kepala Bengkel Ahass Cawas Ivan, mengatakan motor tua pada umumnya tidak membutuhkan bahan bakar yang berkualitas tinggi. 

"Motor tua untuk harian biasanya tidak perlu bahan bakar beroktan 98, kecuali motor tua modifikasi yang spesifikasinya sudah diubah, karena bahan bakar yang berkualitas tinggi digunakan untuk motor-motor balap," ucap Ivan.

Dia mengatakan mesin motor tua, seperti motor bebek tidak akan mampu mengubah bahan bakar berkualitas tinggi menjadi tenaga yang tinggi pula karena keterbatasan desain mesin.

Baca juga: Empat Manfaat Jaga Jarak Aman Ketika Naik Motor

"Mesin motor tua, seperti motor-motor bebek dibekali mesin spesifikasi menengah kebawah, jadi kompresinya tidak terlalu tinggi, jadi kalau diisi bensin beroktan tinggi akan boros di kantong saja," ucap Ivan.

Jadi, bahan bakar dengan oktan tinggi tidak akan berpengaruh jika diaplikasikan pada sepeda motor tua dengan spesifikasi kompresi mesin yang rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.