Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segmen Konsumen Motorhome dan Campervan adalah Para Petualang

Kompas.com - 13/01/2023, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Motorhome dan campervan merupakan dua modifikasi kendaraan yang beberapa tahun belakangan menjadi tren otomotif di Indonesia.

Jenis kendaraan ini jadi alternatif tamasya keluarga ke alam ketika aturan pembatasan sosial diberlakukan saat angka Covid-19 sedang melonjak, sekitar 2021-2022.

Alhasil, situasi tersebut membuat motorhome dan campervan menjadi cara baru untuk menikmati liburan yang aman.

Baca juga: Mengapa Mobil PHEV Jauh Dari Laris di Indonesia?

Kendati demikian, pada saat ini mayoritas motorhome dan campervan yang digunakan adalah kendaraan sewaan bukan milik pribadi. Biasanya, harga dan juga kegunaan kendaraan ini untuk keseharian masih menjadi pertimbangan dari para pembeli.


Albertus Whitney, Executive Director Karoseri Delima Mandiri, mengatakan, pelanggan motorhome dan campervan buatan perusahaannya mayoritas orang-orang gemar bertualang.

“Pelanggan kami rata-rata adalah orang yang memang benar-benar seorang petualang, yang memahami kualitas barang dan mengerti kebutuhan apa saja yang memang dibutuhkan untuk survive dan merasa nyaman di alam,” kata Whitney kepada Kompas.com, Kamis (13/1/2023).

Motorhome rakitan karoseri Delima MandiriDelima Mandiri Motorhome rakitan karoseri Delima Mandiri

Artinya, meski saat ini kebutuhan pasar Indonesia lebih kepada mobil pribadi yang fungsional, menurut karoseri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini, pasar campervan dan juga motorhome tetap memiliki segmen tersendiri.

Bahkan, menurut Whitney, harga yang ditawarkan di Indonesia masih mengikuti kebutuhan pasar. Alasannya, rancangan dari setiap campervan dan juga motorhome telah dibuat mengikuti kebutuhan domestik bukan internasional.

Baca juga: Modal Rp 400 Juta Sudah Bisa Punya Motorhome

“Jika dikatakan aksesori campervan dari domestik mahal, menurut kami, harga yang kami tawarkan adalah harga terbaik dengan kualitas terbaik,” kata Whitney.

Melengkapi hal tersebut, Zakia dari tim Delima Mandiri mengatakan, dana untuk pembelian atau pembuatan campervan atau motorhome bisa mengikuti kebutuhan dari pelanggan.

Misalnya, pelanggan ini menggunakan aksesori tertentu atau tidak menggunakan aksesori tertentu sehingga harganya akan berubah.

“Biasanya harga itu disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, bisa ada diskon untuk aksesori tertentu,” kata Zakia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.