Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepeda Motor Lawas Boleh Diisi BBM Oktan Tinggi?

KLATEN, KOMPAS.com -Sepeda motor yang usia pakainya lebih dari 10 tahun masih banyak penggunanya di Indonesia. Bahkan digunakan sebagai alat transportasi untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun, untuk urusan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) masih ada yang menggunakan BBM oktan tinggi atau di atas RON 90. Tujuannya, untuk menjaga performa mesin agar lebih baik. Lantas apakah benar demikian?

Mekanik Abdi Jaya Motor Cawas Syifa mengatakan, jenis bahan bakar untuk sepeda motor memang sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi mesinnya.

“Untuk sepeda motor modern itu memang disarankan menggunakan bahan bakar tanpa timbal oktan minimal 92, tapi kalau motor tua, Premium saja sanggup meski oktan hanya 88,” ucap Syifa kepada Kompas.com, Kamis (12/1/2023).

Dia mengatakan mesin sepeda motor tua memang didesain dengan standar yang lebih rendah, jadi bahan bakar yang disarankan memang yang kualitasnya rendah.

“Kalau sepeda motor tua dikasih bahan bakar bagus, misal Pertamax Turbo, itu tidak akan membuat sepeda motor menjadi semakin bertenaga atau kencang, karena meski bahan bakarnya berkualitas kemampuan mesin belum memadai,” ucap Syifa.

Menurut dia, mesin tidak memiliki kompresi yang cukup tinggi untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

“Padahal, bahan bakar dengan oktan tinggi memang disiapkan untuk kendaraan yang memiliki kompresi yang tinggi, harapannya bisa menghasilkan tenaga yang lebih,” ucap Syifa.

Sementara itu, Kepala Bengkel Ahass Cawas Ivan, mengatakan motor tua pada umumnya tidak membutuhkan bahan bakar yang berkualitas tinggi. 

"Motor tua untuk harian biasanya tidak perlu bahan bakar beroktan 98, kecuali motor tua modifikasi yang spesifikasinya sudah diubah, karena bahan bakar yang berkualitas tinggi digunakan untuk motor-motor balap," ucap Ivan.

Dia mengatakan mesin motor tua, seperti motor bebek tidak akan mampu mengubah bahan bakar berkualitas tinggi menjadi tenaga yang tinggi pula karena keterbatasan desain mesin.

"Mesin motor tua, seperti motor-motor bebek dibekali mesin spesifikasi menengah kebawah, jadi kompresinya tidak terlalu tinggi, jadi kalau diisi bensin beroktan tinggi akan boros di kantong saja," ucap Ivan.

Jadi, bahan bakar dengan oktan tinggi tidak akan berpengaruh jika diaplikasikan pada sepeda motor tua dengan spesifikasi kompresi mesin yang rendah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/13/121200315/sepeda-motor-lawas-boleh-diisi-bbm-oktan-tinggi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke