Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Merawat Ring Piston

Kompas.com - 17/06/2019, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ring piston merupakan cincin yang terdapat pada dinding piston. Karena ukurannya yang kecil dan merupakan komponen slow moving tak jarang pengendara kurang memperhatikan kondisinya.

Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, setidaknya ada empat fungsi ring piston. Salah satunya yaitu menjaga kompresi mesin dan di saat bersamaan menjaga agar oli tidak ikut terbawa ke ruang bakar.

Baca juga: Honda Masih Tutup Informasi soal Monkey Z125

"Yaitu sebagai seal untuk mencegah gas hasil pembakaran tidak bocor antara piston dan silinder. Sebagai pelumasan dan mengurangi gesekan didinding silinder. Transfer panas, dari piston ke dinding silinder, dan menghindari piston bergesekan dengan dinding silinder," kata Didi yang dihubungi Kompas.com, Senin (17/6/2019).

Didi mengatakan, sama seperti komponen yang lain ring piston juga memiliki umur pakai. Didi menyarankan, cara paling mudah merawat ring piston yakni dengan merawat piston menggunakan oli sesuai standar mesin dan penggantian secara berkala.

Baca juga: Lorenzo Lolos dari Jeratan Penalti Terkait Insiden GP Catalunya

"Perawatannya dengan menggunakan oli sesuai standar mesin dan penggantian secara berkala. Sebaiknya setiap 6 bulan atau 5.000-10.000 km tergantung dari jenis dan tipe olinya," kata Didi.

Pada umumnya, ring piston menjadi 3 bagian. Paling atas yaitu ring kompresi satu dan yang tengah ring kompresi dua, sedangkan yang paling bawah merupakan ring oli.

Ring piston satu dan dua berfungsi menjaga kompresi mesin agar menghasilkan daya ledak. Sementara ring oli berfungsi supaya badan piston tetap terlumasi tapi juga menjaga oli di liner tidak ikut naik ke ruang bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com