Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Periskop Otomotif 2023

Prediksi Mobil Baru yang Meluncur di Tahun 2023, Banyak Kejutan

Kompas.com - 29/12/2022, 13:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit produsen otomotif yang meluncurkan mobil baru di tahun 2022. Hal ini menyusul kondisi ekonomi yang mulai membaik setelah diterpa Pandemi Covid-19 yang masih berlaku hingga saat ini.

Di tahun mendatang (2023), diprediksikan bakal ada banyak mobil baru yang meramaikan industri otomotif.

Mulai dari model konvensional hingga kendaraan elektrifikasi seperti hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV).

Beberapa merek otomotif yang dipastikan bakal meluncurkan mobil baru di antaranya Honda, Mitsubishi, Mazda, hingga BMW.

Baca juga: Deretan Mobil Hybrid yang Lahir di Indonesia Selama 2022, Ertiga Hybrid Termurah

Untuk lebih lengkapnya, berikut bocoran mobil baru di tahun 2023:

Honda Accord dan CR-V hybridKompas.com/ApridaMegaNanda Honda Accord dan CR-V hybrid

1. Honda

PT Honda Prospect Motor dipastikan bakal menghadirkan dan menjual mobil listrik berteknologi hibrida pada tahun 2023. Hanya saja, produk terkait belum bisa diungkapkan, begitu pula terkait jadwal pasti peluncuran, apakah di semester pertama atau kedua.

“Tahun depan kami berkomitmen untuk memperkenalkan dua mobil hybrid. Lalu pada tahun-tahun berikutnya dikenalkan mobil listrik lainnya termasuk yang diproduksi lokal,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, belum lama ini.

Namun berdasarkan kemungkinan yang ada, dua produk potensial yang akan dipasarkan di dalam negeri tahun depan adalah CR-V Hybrid dan Accord Hybrid. Mengingat PT HPM tengah melakukan edukasi untuk mobil tersebut ke pasar maupun diler.

Bahkan, seluruh pengunjung pameran GIIAS 2022 diperbolehkan untuk melakukan uji jalan atau test drive dalam ruang yang sudah disediakan.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

2. Mitsubishi

Mitsubishi sudah memamerkan XFC Concept pada Vietnam Motor Show 2022 yang digelar pada akhir Oktober lalu. Selanjutnya mobil konsep tersebut juga akan dipamerkan di Indonesia.

Tidak hanya sekedar dipamerkan, SUV kompak tersebut nantinya juga dipastikan akan dipasarkan di Indonesia. Namun, Mitsubishi masih belum mau menjawab mengenai basis produksinya.

“Tentu saja Indonesia akan masuk ke dalam target pemasaran XFC Concept. Tapi mengenai kapannya, akan diinformasikan lebih lanjut. Tinggal dilihat versi konsepnya di ajang pameran otomotif di awal tahun depan akan kami bawa,” ucap Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Tak hanya itu, rumors juga mengatakan, Mitsubishi juga akan membawa model mobil listrik lainnya. Besar kemungkinan, kendaraan yang dimaksud adalah Mitsubishi Minicab MiEV atau Mitsubishi Xpander Hybrid.

Mazda CX-60Dok. Mazda Mazda CX-60

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com