Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Bin Ilyas Tambah Bus Baru, Pakai Livery Layaknya Bus Tingkat

Kompas.com - 23/12/2022, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Bin Ilyas tambah lagi unit bus baru buatan Karoseri Laksana. Kali ini, unit yang rilis menggunakan bodi Legacy SR3 HD Prime Ultimate Series dengan berbagai fasilitas di kabinnya.

Sebelumnya, PO asal Bogor ini pernah mengambil Legacy SR2 XHD Prime dengan sasis tronton serta memakai livery bergaya bus tingkat. Begitu juga untuk bus yang kali ini keluar, livery unik tersebut dipertahankan.

Jadi secara tampilan, bodi Legacy SR3 HD Prime dikelir dengan warna abu-abu. Kemudian dari samping, ada tambahan aksen berwarna hitam di bawah jendela, sebagai ilusi bus tingkat.

Baca juga: Deretan Bodi Bus yang Meluncur dari Karoseri Sepanjang 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Padahal, bodi yang digunakan adalah HD Prime dengan sasis Hino. Tentu seharusnya sasis ini tidak bisa dipasang bodi double decker. Tapi dengan livery tersebut, memang membuat tampilan bus jadi unik.

Kemudian pada bagian samping juga, ada tulisan Bin Ilyas baik dalam bahasa Indonesia dan Arab. Selain itu, pintu tengah dipilih Bin Ilyas pada bus barunya, bukan pintu belakang.

Seperti layaknya Ultimate Series, maka ada lekukan bodi di bagian samping bus yang memanjang dari depan sampai belakang. Kemudian di pilar belakang, ada lampu LED yang menyala naik turun, bisa diatur.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Cegah Ngantuk Saat Mengemudi di Jalan Tol


Untuk bagian kabin, Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana mengatakan, dipasang bangku dengan susunan tiga kanan dan dua kiri.

"Bangku 2-3, ada toilet, dispenser, dan sofa di bagian belakang," ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Untuk toilet, penempatannya ada di tengah kabin, tepat di sebelah pintu. Sedangkan sofa, dipasang di bagian belakang, tampaknya bisa diduduki sampai lima sampai enam orang dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com