Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Augur 155, Skutik Unik Teknologi Canggih

Kompas.com - 19/12/2022, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Motor Taiwan melansir skutik baru yaitu Yamaha Augur 155. Skutik baru dengan desain yang inovatif ini dikemas dengan teknologi yang tidak ditemukan di kelasnya.

Desain Augur 155 mengambil konsep “panah”, di mana ujung depan motor terlihat menonjol dalam bentuk lancip. Mirip dengan kepala anak panah yang dikembangkan berdasarkan prinsip aerodinamis.

Baca juga: Enea Bastianini Bidik Gelar Juara Dunia MotoGP 2023

Mengutip Greatbiker, konsep panah itu ditandai dengan tiga set lampu DRL panjang yang mengelilingi sistem lampu utama Mono Focus yang memberikan tampilan motor yang cukup ramping dan futuristik.

 

Yamaha Augur 155Foto: Greatbiker Yamaha Augur 155

Pada dasarnya, Augur 155 dibangun dari platform Yamaha Force 2.0 yang diperkenalkan tahun lalu di Taiwan. Kemiripan keduanya dapat dilihat dari bodi belakang motor ini yang sama termasuk shock belakang ganda.

Adapun teknologi canggih yang dapat meningkatkan performa berkendara dan tidak dapat ditemukan di skuter sekelasnya adalah Yamaha Lean Light Assist, atau YLLA.

Sistem YLLA adalah fungsi lampu yang secara otomatis fokus ke jalan saat posisi motor miring. Konsepnya mirip dengan fitur lampu sein di moge, sistem ini meningkatkan efisiensi penerangan jalan.

Baca juga: Perlukah Melepas Aki Saat Mobil Ditinggal Berlibur?

 

Yamaha Augur 155Foto: Greatbiker Yamaha Augur 155

Sistem YLLA mengurangi titik buta dari perubahan arah sistem pencahayaan saat motor berbelok. Ada juga mode penyesuaian cahaya otomatis yang pada kondisi normal yang berubah dari cahaya putih ke kuning saat ada kabut.

Fitur unggulan lainnya yaitu motor sudah dibekali sensor tekanan ban. Augur 155 disebut merupakan satu-satunya motor di kelas 200 cc yang memasang teknologi ini.

Fitur standar lainnya yaitu lampu LED, smart key, instrumen klaster dengan layar TFT 4,3 inci mendukung koneksi ke sistem Y-Connect. Motor juga dilengkapi sistem rem ABS dua kanal dan sistem kontrol traksi.

Baca juga: Ban Mobil Punya Masa Pakai, Perhatikan Kode dan Kondisi Fisik

 

Mesinnya 155 cc, 1 silinder, 4 tak, SOHC dengan sistem VVA yang saat ini menjadi andalan produk Yamaha di kelas 155 cc yang sudah dipercaya dan dipakai Aerox, NMax dan Tricity yang saat ini ada di pasaran.

Di Taiwan Augur 155 tersedia dalam 3 warna bodi yaitu Matte Grey, Matte Navy Blue dan Matte Gun Black, dengan harga 118.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp 60 jutaan.

Prediksinya ialah meski tampaknya menarik Augur 155 hanya untuk pasar Taiwan. Sebab banyak motor yangmeluncur di Taiwan tidak pernah sampai ke Thailand, dan juga berarti ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com