Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Mudah Atasi Bantingan Keras Suspensi Suzuki Katana

Kompas.com - 19/12/2022, 13:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Suzuki Katana jadi mobil lawas yang tetap eksis sampai saat ini di Tanah Air. Mobil SUV yang kerap dijuliki jip mungil lansiran 1990 tersebut memiliki harga bekas yang tak murah. 

Berbagai kalangan usia menilai mobil 1.000 cc legendaris itu tak pernah mati. Dari desain bodi, dan teknologi mesin cocok-cocok saja seiring zaman yang berkembang. 

Saat ini, harga Katana bekas di beberapa Kota seperti Semarang, Jakarta, dan Surabaya sebagian besar berkisar Rp 30 juta - Rp 80 jutaan, untuk kosndiri orisinal. 

Dari segi keluhan, rata-rata tak ada yang berat. Salah satu contoh adalah masalah suspensi yang keras dan tidak nyaman. 

Baca juga: Trik Akali Air yang Masuk ke Kabin Suzuki Katana saat Musim Hujan

Banyak solusi murah meriah yang bisa di coba untuk mengatasi hal tersebut. Seperti disampaikan Ketua Umum Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Ganang Gandul. 

Modifikasi Suzuki Katana aliran JDMDicky Aditya Wijaya Modifikasi Suzuki Katana aliran JDM

"Bikin lunak suspensi Katana sekarang gampang, shok depan pakai Kijang Innova belakang, terus yang belakangnya bisa gunakan racikan punya Isuzu Panther," kata Ganang kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022). 

Untuk persiapana dana yang dikeluarkan merubah suspensi Katana berkisar Rp 1 juga - Rp 1,5 jutaan. Sementara untuk per tetap dibiarkan standar. 

Karakter suspensi ubahan tersebut terbilang cukup kenyal, tak begitu keras dan pas untuk penggunaan harian.

"Cukup buat harian, kecepatan 80 kilometer per jam (kpj) stabil. Aman-aman saja sih digunakan untuk fun offroad, CR-an, dan perjalanan luar kota," ujarnya. 

Baca juga: Bahaya Oil Sludge buat yang Malas Ganti Pelumas Mesin

Karakter khas Katana yang keras dan limbung secara umum dihilangkan. Redaman suspensi Innova dan Panther lebih baik dan nyaman, cocok untuk kontur-kontur jalan yang beragam. 

Kaki-kaki Suzuki Katana Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn( Kaki-kaki Suzuki Katana

"Kan travel shock panjang punya Innova dan Panther, jalan rusak, bebatuan, dan becek tetap diredam. Limbung ayunan suspensi lumayan tidak terjadi," ucap Ganang. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com