Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enea Bastianini Waspadai Marquez di MotoGP 2023

Kompas.com - 19/12/2022, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim MotoGP 2023 akan dimulai pada Maret mendatang.

Beberapa pebalap mengalami perubahan posisi, mulai dari naik dari tim satelit ke tim pabrikan hingga pindah ke tim yang berbeda.

Salah satu contoh adalah Enea Bastianini yang akan memulai musim 2023 di tim pabrikan Ducati Lenovo setelah sebelumnya membela tim satelit Ducati, Gresini Racing. Bastianini mendapat promosi usai tampil gemilang di MotoGP 2022.

Baca juga: Pedrosa Ungkap Taktik Balap Rossi, Bikin Orang Frustasi

Seperti diketahui, rider asal Italia ini meraih total empat kemenangan, dua kali runner-up, dengan total raihan 219 poin. Hasil tersebut membuat Bastianini finis di posisi ketiga klasemen akhir MotoGP 2022.

Bastianini pun bertekad untuk mengulang hasil positifnya di musim depan. Hanya saja pebalap berusia 25 tahun itu lebih waspada terhadap beberapa rivalnya di MotoGP 2023, salah satunya adalah Marc Marquez.

Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika. Gambar diambil pada Kamis (17/3/2022). Terkini, Marc Marquez mendapatkan izin untuk mengikuti tes resmi MotoGP di Misano pada pada Selasa (6/9/2022) dan Rabu (7/9/2022).AFP/SONNY TUMBELAKA Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika. Gambar diambil pada Kamis (17/3/2022). Terkini, Marc Marquez mendapatkan izin untuk mengikuti tes resmi MotoGP di Misano pada pada Selasa (6/9/2022) dan Rabu (7/9/2022).

Menurut Bastianini, Marquez bisa saja kembali tampil kompetitif di MotoGP 2023. Mengingat kondisi The Baby Alien itu berangsur pulih usai mengalami kecelakaan brutal yang mengakibatkan dirinya harus menjalani operasi lengan selama empat kali.

“Ada banyak (rival). MotoGP berada pada level yang sangat tinggi, kami semua berada dalam jarak beberapa persepuluh detik. Jadi detailnya yang diperhitungkan," kata Enea, dikutip dari Speedweek, Senin (19/12/2022).

“Saya tentu mengharapkan Marc Marquez yang sangat kompetitif, yang ingin berjuang untuk kembali ke puncak,” lanjutnya.

Tak hanya Marquez, Bastianini juga akan menaruh waspada terhadap Fabio Quartararo yang meraih posisi runner-up dan Aleix Espargaro yang menjadi rider andalan Aprilia. Tak ketinggalan Francesco Bagnaia, rekan setimnya juga berada dalam pengawasan Bastianini.

Pebalap tim Gresini Racing MotoGP Italia Enea Bastianini (depan kiri) saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap tim Gresini Racing MotoGP Italia Enea Bastianini (depan kiri) saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.

“Quartararo memang punya talenta hebat, sementara Pecco ingin memastikan gelarnya. Akan ada juga Martin, Aleix Espargaro, pastinya saya tidak ada kekurangan saingan,” kata dia.

Baca juga: Enea Bastianini Bidik Gelar Juara Dunia MotoGP 2023

Seperti diketahui, Bastianini kini berada di tim pabrikan Ducati Lenovo bersama Francesco Bagnaia, ia menggantikan posisi Jack Miller usai pindah ke tim Red Bull KTM. Sementara posisi lamanya di Gresini Racing digantikan oleh Alex Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com