Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Melepas Aki Saat Mobil Ditinggal Berlibur?

Kompas.com - 19/12/2022, 13:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru banyak masyarakat yang merencanakan bepergian. Baik menggunakan mobil pribadi mau pun memanfaatkan transportasi umum.

Bila memang rencana Anda berpergian menggunakan transportasi umum, maka rumah dan seisinya akan ditinggalkan begitu juga mobil. Maka dari itu, perlu persiapan agar selama ditinggal liburan harta benda tetap aman.

Termasuk memastikan mobil juga aman selama ditinggal liburan. Ada yang mengatakan demi meningkatkan keamanan maka selama ditinggal pergi aki atau baterai mobil perlu dilepas. Lantas, benarkah demikian?

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Desember 2022

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan tidak perlu melepas aki mobil yang ditinggal di rumah selama liburan kecuali kondisi aki sudah lama tidak diganti.

“Kalau kira-kira aki masih prima, tidak dilepas pun tidak masalah, nah kalo aki yang umurnya setahun atau lebih sebaiknya dilepas, sebab liburan biasanya memakan waktu cukup lama, jadi tidak ada kekhawatiran aki drop,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Dia mengatakan aki yang sudah berusia biasanya kemampuan untuk menyimpan arus listrik makin berkurang, sehingga potensi aki mengalami drop makin tinggi.

Baca juga: Jangan Asal, Ganti Aki Mobil Matik Ada Aturan Mainnya

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

“Kemampuan aki yang sudah tua cenderung mengalami penurunan performa dalam menyimpan arus listrik, sehingga peluang terjadinya aki drop semakin tinggi, bila aki masih terpasang, arus listrik akan terkuras secara perlahan akibat dari beban rangkaian listrik di mobil,” ucap Ibrohim.

Menurut Ibrohim, dengan melepas aki dari mobil maka ketahanan arus listrik yang tersimpan tergantung pada satu faktor saja yaitu kemampuan aki tersebut, tidak terpengaruh oleh faktor eksternal.

“Biasanya, mobil yang lama tidak dipanasi, akan mengalami kendala sulit hidup, sehingga pemilik mobil cenderung akan menggunakan baterai lebih berat untuk menstarter mobil berkali-kali, itu juga rawan membuat aki drop,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Apa Patokan Aki Mobil Sudah Penuh Dicas?

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Maka dari itu, Ibrohim menyarankan jika memang aki sudah lama tidak diganti, sebaiknya dilepas saja. Akan lebih enak lagi bila dititipkan ke toko aki untuk dicas.

“Kalau kondisinya sudah dicas, maka aki lebih siap untuk menghadapi mesin yang lama tidak dihidupkan selama ditinggal liburan,” ucap Ibrohim.

Jadi, sebaiknya aki dilepas dari mobil terlebih lagi aki tersebut sudah lama atau usianya lebih dari setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com