Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 14:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pebalap memiliki nomor start yang ditempel pada bagian depan motornya. Khusus untuk nomor start 1, hanya boleh digunakan pebalap yang menjadi juara dunia.

Namun, hanya beberapa pebalap saja yang pernah menggunakannya. Sebab, ada mitos yang dipercaya bahwa siapa pun yang menggunakan nomor 1 tidak akan bisa mempertahankan gelar di musim berikutnya.

Jorge Lorenzo pernah menggunakan nomor start 1 di sepanjang musim 2011 setelah menang di musim sebelumnya. Tapi, pada tahun 2011, dia kalah dari Casey Stoner yang saat itu sudah bersama Repsol Honda.

Baca juga: Kritik dan Cibiran Ditelan Pecco Bagnaia meski Berstatus Juara Dunia

Terakhir nomor start 1 digunakan adalah Stoner pada tahun 2012. Tapi, pada musim tersebut, Lorenzo berhasil merebutnya kembali. Pada musim berikutnya, Lorenzo tidak lagi menggunakan nomor start 1 dan bertahan dengan nomor start 99.

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022 seusai merampungkan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada Minggu (6/11/2022) malam WIB.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati Francesco Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022 seusai merampungkan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada Minggu (6/11/2022) malam WIB.

Untuk musim depan, Francesco Bagnaia yang menjadi juara dunia MotoGP 2022 berhak menggunakan nomor start 1. Namun, pebalap didikan VR46 Riders Academy ini belum memutuskannya.

Bagnaia sendiri sudah berkali-kali mengganti nomor startnya. Berawal dari 21 saat di Moto3, tapi nomor tersebut sudah digunakan pebalap lain saat di kelas Moto2. Sehingga, dia menggandakan nomornya menjadi 42.

Baca juga: Marquez Bongkar Rahasia Bagnaia Sampai Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP

Saat naik ke MotoGP, nomor start 42 tidak bisa digunakan karena sudah dipakai oleh Alex Rins. Sehingga, Bagnaia terpaksa menambahkan 42 dan 21, dan jadilah nomor start 63 yang selama ini digunakannya selama di MotoGP.

Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 5 November 2022. Hasil balapan di MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022), memastikan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 5 November 2022. Hasil balapan di MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022), memastikan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022.

"Saya suka nomor 1. Tapi, saya belum memutuskannya. Saya pikir, saya akan memutuskannya saat presentasi tim," ujar Bagnaia, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (9/12/2022).

Presentasi tim pabrikan Ducati akan digelar pada akhir Januari 2023 di Madonna di Campiglio, Italia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.