Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Indonesia dalam Produksi Kendaraan Listrik Dalam Negeri

Kompas.com - 09/12/2022, 11:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan jika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini terus melakukan berbagai upaya guna mendorong percepatan produksi berbagai jenis kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Upaya ini sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan transformasi dari kendaraan bermotor bakar menjadi KBLBB.

Sebagaimana pada Inpres nomor 7 tahun 2022, Kemenperin melakukan percepatan produksi peralatan pengisian daya (charging station) dan komponen penunjang industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Baca juga: LSUV Bekas Rp 280 Jutaan, Terios-Rush Banyak Jadi Incaran di Semarang

"Serta memberikan sosialisasi dan atau bimbingan teknis pelaku usaha di bidang kendaraan bermotor listrik,” kata Agus pada rapat kerja Komisi VII DP yang disiarkan pada kanal Youtube Komisi VII DPR RI Channel, Jumat (9/12/2022).


Kemudian, Kemenperin juga melakukan sosialisasi kepada Kementerian atau Lembaga dan Pemerintahan daerah mengenai berbagai jenis produk KBLBB yang sudah tayang dalam katalog elektronik.

Terkait dengan peta pengembangan industri kendaraan bermotor berbasis baterai, industri ini dibagi menjadi industri perakitan baterai, produk baterai cell, pembuatan baterai management system (BMS) dan penambangan bahan baku baterai atau baterai material sampai daur ulang baterai.

“Sehingga harapan kami Indonesia punya industri baterai yang terintegrasi. Kami juga sudah bekerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk pengembangan ekosistem baterai atau penukaran baterai, serta penerapan standarisasi untuk penerapan baterai pack untuk KBLBB,” ucap Agus.

Pengunjung mencoba kendaraan motor dengan energi listrik saat pameran di Balaikota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Pameran kendaraan motor dan mobil dengan menggunakan energi listrik tersebut bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.ARIF FIRMANSYAH Pengunjung mencoba kendaraan motor dengan energi listrik saat pameran di Balaikota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Pameran kendaraan motor dan mobil dengan menggunakan energi listrik tersebut bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.

Agus juga menyebutkan bila saat ini Indonesia sudah memiliki 1 industri semiconductor Assembly & test di Batam tepatnya PT Infineon Technologies Batam.

Ada pula 1 perusahaan IC Design House yaitu PT Xirka Darma Persada. Namun, indonesia juga memiliki banyak Electronic Manufacture Service (EMS) dan industri otomotif yang memerlukan pasokan semikonduktor.

Kemudian, saat ini di Indonesia sudah ada 4 perusahaan bus listrik, 3 perusahaan mobil listrik dan 35 perusahaan motor listrik dengan total investasi Rp 1,92 triliun. 

“Untuk per September 2022 terdaftar 25.316 unit KBLBB yang sudah teregistrasi. Namun angka ini masih kecil sehingga masih perlu kita dorong,” kata Agus.

Baca juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz EQ Kena Imbas Cip Semikonduktor

Sementara itu, pelaksanaan anggaran Kementerian Perindustrian sampai dengan triwulan ketiga tahun 2022 dan update 30 September 2022 telah terealisasi sebesar Rp 1, 68 triliun atau 58,6 persen dari total anggaran yang besarnya 2,63 triliun.

Anggaran tersebut dibagi lagi berdasarkan masing-masing Sekretariat Jenderal. Adapun dana yang dialokasikan untuk Ditjen industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika sebesar 91,93 persen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.