Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Mercedes-Benz EQ Kena Imbas Cip Semikonduktor

Kompas.com - 08/12/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) baru saja meluncurkan mobil listrik terbarunya, yakni EQS dan EQE.

Untuk EQS hadir dalam dua varian yakni EQS 450+ Electric Art Line yang dibanderol Rp 2,984 miliar, dan EQS 450+ AMG yang dihargai Rp 3,410 miliar. Sementara untuk EQE 350+ dibanderol Electric Art Line di angka Rp 2,215 miliar.

Ketiga mobil tersebut berstatus Completely Build Up (CBU) alias langsung di impor dari negara asalnya yakni Jerman.

Baca juga: Diskon Puluhan Juta, Harga Hatchback Stabil di Akhir 2022


Menyoal penjualan, pihak Mercy mengaku tak memasang target. Sebab, saat ini unit Mercedes-Benz masih terkendala dengan krisis cip semikonduktor.

“Tidak ada spesifik berapa unit (dijual), semua tergantung global. Karena masih ada kendala semikonduktor. Kuota penjualan ada, tapi kita memiliki alokasi yang cukup untuk konsumen di Indonesia,” ucap Hari Arifianto, Deputy Director Sales Operation and Product Management PT MBDI, saat ditemui di kawasan, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

Mobil listrik Mercedes-Benz EQSKompas.com/Nanda Mobil listrik Mercedes-Benz EQS

Adapun bagi konsumen yang ingin membeli sedan listrik dari pabrikan Jerman ini akan mendapat alokasi unit di awal tahun depan.

“Alokasi ke konsumen tahun depan, awal Januari,” kata dia.

Baca juga: Jokowi Segera Umumkan Kebijakan Baru untuk Kendaraan Listrik

Sebagai informasi, Mercedes-Benz EQS dibekali baterai dengan kapasitas 108 kWh. Di mana motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga 333 Hp dan torsi 565 Nm. Sedangkan untuk tipe EQE, menggunakan baterai dengan kapasitas lebih kecil, yakni 90 kWh, yang mampu memuntahkan tenaga 292 hp dan torsi 565 Nm.

Bicara soal jarak tempuh, sedan listrik Mercy ini diklaim memiliki jarak tempuh sekitar 770 km untuk EQS. Hal ini menjadikan Mercedes-Benz EQS kendaraan dengan jarak tempuh terpanjang di Indonesia. Sementara untuk EQE, memilik jarak tempuh 673 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.