Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RNF Racing Yakin Kerjasama dengan Aprilia Lebih Baik dari Yamaha

Kompas.com - 08/12/2022, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim depan, RNF Racing resmi meninggalkan Yamaha dan beralih ke Aprilia. Tim satelit asal Malaysia ini menyebutkan bahwa bekerjasama dengan Aprilia lebih baik dari Yamaha.

Bukan tanpa alasan RNF Racing lebih memilih Aprilia. Musim ini, pabrikan asal Italia tersebut berhasil meraih satu kemenangan dan delapan podium.

Baca juga: Tinggalkan Yamaha, RNF Ungkap Perbedaannya Dengan Aprilia

Untuk musim depan, RNF Racing akan diperkuat oleh Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Keduanya datang dari KTM dan akan sudah merasakan Aprilia pada sesi tes di Valencia beberapa waktu lalu.

Miguel Oliveira, Valencia MotoGP test, 8 November 2022Gold and Goose Miguel Oliveira, Valencia MotoGP test, 8 November 2022

Manajer Tim RNF Racing Wilco Zeelenberg, mengatakan, saat sesi tes timnya hanya memiliki dua motor. Tapi, Aprilia benar-benar mempersiapkannya.

Tiap pebalap juga mendapat tambahan dua mekanik ekstra dari tim pengetesan, untuk membantu mekanik kami. Sebab, mereka sebelumnya adalah mekanik Yamaha, jika ada sesuatu maka akan lebih baik jika ada orang Aprilia yang membangun motor tersebut," ujar Wilco, dikutip dari Crash.net, Kamis (8/12/2022).

Wilco mengatakan, tahun depan timnya juga akan ketambahan dua orang mekanik lagi. Satu dari mekanik Aprilia, dan satu lagi berasal dari Suzuki.

Baca juga: Pindah Motor dari Yamaha ke Aprilia, RNF Racing Mulai dari Nol

Menurutnya, komunikasi dengan Yamaha dan Aprilia sangat jauh berbeda. Dengan Aprilia, Wilco mengatakan, semuanya lebih mudah dan potensi terjadi kesalahpahaman sangat kecil.

Miguel Oliveira, Valencia MotoGP test, 8 November 2022Gold and Goose Miguel Oliveira, Valencia MotoGP test, 8 November 2022

"Bukan hanya soal bahasa. Tapi juga terkadang dengan Yamaha Anda akan saling salah paham. Ada perbedaan yang besar di budaya dengan Jepang dan tidak akan pernah berubah," kata Wilco.

Dengan orang Italia, menurut Wilco, jelas semuanya tentang balap. Aksi yang lebih cepak dan paham kejuaraan yang jadi taruhan.

"Saya bisa bilang kecepatannya ada, tapi tentunya tidak semua sudah benar-benar siap seperti yang kami mau. Menurut saya, bagi Aprilia, memiliki pebalap baru yang datang dari pabrikan lain sangat penting untuk memahami apakah motor lain lebih baik atau lebih buruk dari Aprilia," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com