Kompas.com - 17/11/2022, 09:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - RNF Racing Team satu-satunya tim di MotoGP yang berganti merek motor pada 2023. Setelah seri final di Valencia pada hari Minggu, tim langsung mengganti motor Yamaha YZR-M1 menjadi Aprilia RS-GP.

Dua motor baru tersebut disiapkan untuk hari tes resmi hari Selasa. Musim depan RNF Racing Team resmi menjadi tim satelit Aprilia dengan duet pebalap yaitu Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Baca juga: Perhatikan, Cover Mobil Jangan Keseringan Dicuci

Manajer tim RNF Aprilia Wilco Zeelenberg mengatakan, tidak mudah untuk mengganti motor dan langsung melakukan tes perdana. Tim harus mencari data baru untuk dimasukkan ke komputer.

Manajer tim RNF Aprilia Wilco ZeelenbergFoto: Motorsport-Total.com Manajer tim RNF Aprilia Wilco Zeelenberg

"Tidak lagi mudah untuk menukar motor dari satu hari ke hari berikutnya dan langsung berkendara. Kami juga harus menyiapkan semua komputer dan server lagi," kata Wilco mengutip Motorsport-Total.com, Kamis (17/11/2022).

"Kami menyiapkan tiga setengah hingga empat bulan untuk melakukan semuanya dalam enam jam. Hari Minggu (usai balapan) data Yamaha, semuanya dikeluarkan dari kotak dan koneksi dihentikan. Data harus diserahkan," kata dia.

Tim langsung mulai bekerja dengan Aprilia. Zeelenberg mengatakan tim hanya memiliki dua motor untuk pengujian awal dan memulai dari nol.

Baca juga: Cara Membedakan Oli Mesin Palsu dan Asli

Tim RNF Aprilia melakukan tes resmi Valencia.Foto: Motorsport-Total.com Tim RNF Aprilia melakukan tes resmi Valencia.

"Aprilia mempersiapkan motor ini untuk kami dengan sangat baik. Untuk pertama kalinya Aprilia melengkapi tim kedua di MotoGP modern," kata dia.

Ketika ditanya bagaimana hubungan kerjasama RNF dengan Aprilia, Wilco tidak bisa menjawab. Apakah seperti Pramac Ducati yakni "tim pabrikan kedua" atau tim satelit klasik ala Gresini Racing dan VR46 Racing.

"Saya tidak tahu. Tergantung Anda ingin menyebutnya apa," kata Zeelenberg.

Baca juga: Angka Produksi Pabrikan Mobil Oktober 2022 Menurun

Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022

"Kami adalah tim satelit Aprilia. Makanya saya menyebutnya begitu. Namun, mantan pebalap itu menegaskan akan ada kerja sama yang sangat erat, Ya, saya merasa sangat dekat. Tapi begitu juga dengan Yamaha," kata dia.

Selama tes di Valencia, mekanik dari tim uji Aprilia berada di paddock RNF Racing untuk memberikan bantuan. Sebab para mekanik RNF terlebih dahulu harus mengenal Aprilia dan memahami bagaimana harus bekerja.

Musim depan, dua insinyur Aprilia akan berada di RNF Racing. Ada juga tambahan mekanik dari Aprilia dan satu mekanik dari Suzuki juga sudah direkrut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.