Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus zaman dulu atau jadul memang punya desain yang cantik sampai saat ini. Walau sudah tidak beroperasi, bus tersebut bisa digunakan menjadi kendaraan lain, seperti motorhome.

Contoh motorhome dengan basis bus jadul bisa dilihat dari kendaraan yang pernah dilelang di Bring a Trailer. Pada unggahan tersebut, terpampang Mercedes-Benz O321H tahun 1961 yang dijadikan motorhome.

Mercedes-Benz memperkenalkan bus ini pada 1954 dan produksinya berlangsung sampai 1964. Unit yang dilelang tersebut dikelir warna tan dengan aksen merah, ditambah tiga pintu dan 12 'skylight windows'.

Baca juga: Modifikasi Mobil Jadi Motorhome, Pastikan Bisa Dibuat 3 Mode

Mercedes Benz O321H MotorhomeMOTOR1.COM Mercedes Benz O321H Motorhome

Selain itu, di bagian eksterior, dipasang juga sun roof di depan dan belakang, kabinet untuk menyimpan perangkat camping, sampai tow atau besi untuk menderek.

Masuk ke bagian kabin depan, ada bangku pengemudi dengan enam bangku lainnya yang menghadap ke depan. Dipasang juga sistem audio Blaupunkt, jam, kipas, first aid kit, dan masih banyak lagi.

Untuk bagian tengah, ada tempat tidur tunggal, AC portable, dan gorden. Untuk kasur yang ada di tengah ini bisa dipindah, tergantung keinginan pemiliknya.

Baca juga: Diskon SUV Kompak Jelang Akhir Tahun, Rocky-Raize Tembus Rp 16 Jutaan


Sedangkan di bagian belakang, ada dua sofa yang bisa dilipat sehingga berubah jadi kasur. Bukan cuma kasur, ada juga lemari dari kayu untuk menyimpan perlengkapan selama perjalanan.

Selain itu, ada juga dapur serta toilet di belakang dengan tangki air bersih dan kotor. Jadi sudah ada kasur yang nyaman, tempat untuk buang air juga tersedia, berkemah jadi semakin menyenangkan.

Untuk dapur pacu, Mercedes-Benz O321H mengandalkan mesin diesel 5.700 cc enam silinder segaris. Mesin ini memberikan tenaga ke roda belakang lewat transmisi manual lima percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.