Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati sudah dirakit secara lokal, tapi baterai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid masih terbilang mahal, yaitu Rp 30 jutaan. Hal tersebut karena banyak komponen penting yang belum tersedia di Indonesia jadi harus diimpor.

Oleh karenanya, disarankan untuk para pemilik menghindari hal-hal yang dapat menggugurkan garansi supaya bisa menikmati kendaraan dengan nyaman. Sebab apabila digunakan normal, perseroan menjamin kualitas baterai bisa bertahan paling tidak 8 tahun atau 160.000 km.

"Kalau orang yang memakai normal saja, kira-kira setahun itu menempuh jarak 20.000 km jadi kita berikan garansi 8 tahun," kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/10/2022).

Baca juga: Sabuk Keselamatan Penumpang Bus Pariwisata Menjadi Urgensi

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Artinya, selama masa garansi konsumen tidak perlu khawatir jika baterai Innova Zenix Hybrid rusak karena perseroan akan menggantikannya secara gratis setelah melalui analisa. Namun tetap perhatikan, ada beberapa aspek yang sebisa mungkin dihindari karena dapat menghanguskan garansi.

Imansyah mengatakan, beberapa di antaranya ialah tidak rajin perawatan berkala di bengkel resmi, memaksakan mobil untuk melewati sungai, melewati banjir yang sangat tinggi, sampai dipakai untuk aktivitas tidak semestinya seperti offroad.

Hal serupa juga dikatakan Area Business Manager Auto2000 Northwest Herry Darmasaputra dalam kesempatan terpisah. Namun jika sekitar rumah ada genangan, sejatinya pengemudi tidak perlu khawatir karena pada komponen baterai ada pelindungnya yang sangat kuat.

Baca juga: 6 Ide Inovatif untuk Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

"Pada komponen baterai itu ada seal sehingga tidak masalah jika terkena air. Dalam salah satu pengujian kualitas baterai juga ada yang dites ketahanan terhadap air. Tapi bukan berarti bisa dipakai banjir-banjiran," kata dia.

"Kemudian ada modifikasi seperti pergantian lampu LED, audio, dan lain sebagainya (yang bersangkutan dengan kelistrikan). Tapi tentu kita tidak langsung menggugurkan garansi, dicek dahulu," tutur Herry.

Sebelumnya diketahui bahwa PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah merakit baterai yang digunakan di Innova Zenix Hybrid.

Baca juga: Citroen Indonesia Luncurkan 3 Mobil Sekaligus

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Lebih rinci, dari 32 komponen yang berada di baterai (termasuk sel dan modulnya) sudah ada 14 bagian yang sudah dilokalisasi atau diproduksi menggunakan lokal komponen.

Adapun kapasitas baterai di mobil terkait, merupakan tipe non-Liquid electrolyte dengan kapasitas 7,2 volt/module atau 201,6 volt/stack 2,8 Ah (SOC 40 persen) sampai 7.0 aH (SOC 100 persen). Baterai tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 27 kilowatt (kW).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.