Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 15:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Perawatan sepeda motor sport tentu berbeda dengan tipe motor lainnya, biasanya cenderung sedikit sulit karena komponenya lebih kompleks. 

Selain itu, desain motor sport yang terbuka juga lebih mudah kotor dari cipratan air hujan dan lumpur. 

Karena itu, saat musim hujan seperti saat ini beberapa syarat wajib benar-benar diperhatikan untuk mencegah kerusakan serius. 

Bila kotoran yang menempel di bodi dan celah-celah antar komponen sifatnya bisa menggangu kinerja bahkan merusak.

Baca juga: Cara Deteksi Kerusakan Suspensi Mobil di Musim Hujan

 

Salah satunya adalah shockbreaker, karena banyak kasus terdapat kebocoran oli imbas pasir yang menempel dan tergerus suspensi yang mengayun. 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, motor sport seusai digunakan berkendara bisa langsung dibersihkan. 

"Kotoran dan lumpur segera dibersihkan. Selain risiko karat, komponen utama motor sport juga bisa rusak. Khusus motor sport yang menggunakan model suspensi teleskopik dan upside down, shockbreaker depan rawan bocor jika tergerus partikel asing seperti kotoran dan lumpur," kata Nurhadi kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022). 

Pembersihan as shockbreaker depan untuk as tergores Dicky Aditya Wijaya Pembersihan as shockbreaker depan untuk as tergores

Pada proses pembersihan komponen tersebut, sampai celah sempit juga dipastikan benar-benar bersih. Menurut Nurhadi, pasir atau debu halus biasanya tertinggal dan menempel di dekat sil shockbreaker. 

Lebih maksimal lagi jika turut memperhatikan detail as shockbreaker, Nurhadi menyarankan, hal itu membutuhkan ketelitian berlebih, sebab bekas goresan lembut jika belum ditemukan gejala-gejala tertentu biasanya belum terdeteksi. 

"Benar-benar dilihat secar detail, kondisi fisik seringnya terlewat, banyak yang terkecoh seolah aman padahal tergores cukup dalam. Baru ketahuan begitu sil shockbreaker terlanjur bocor," ucapnya. 

Posisi shockbreaker yang dekat kolong roda dan spatbor juga berdampak kotoran jadi mudah menumpuk. Karena banyaknya kotoran, pembersihan total bisa menggunakan shampoo khsusus sepeda motor

Baca juga: Cara dan Alur Konversi Motor BBM Jadi Motor Listrik

Sokbreker upside down milik Yamaha R15MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sokbreker upside down milik Yamaha R15M

Hal itu memudahkan kotoran bersih secara maksimal. Selain itu juga untuk menghindari komponen shockbreaker tergores. 

"Pembersihan total bisa dengan shampoo dan menggunakan spoon khusus cuci motor. Butiran pasir dan kotoran halus berisiko menggores as shockbreaker, bisa juga menyiapkan air satu ember untuk membilas," ucap Nurhadi. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.