Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 11:41 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - As roda atau drive shaft pada mobil merupakan komponen yang menghubungkan putaran yang dihasilkan transmisi dengan roda-roda penggerak.

Komponen ini bisa saja mengalami kerusakan seiring dengan pemakaian. Awalnya, karet boot as roda bisa sobek karena getas. Hal itu akan membuat oli pelumas CV-Joint mengucur dan lama-lama akan mengering.

Jika dibiarkan, maka CV-Joint bisa rusak karena berputar tanpa ada pelumasan yang baik. Lantas, bila as roda sudah rusak apakah bisa diperbaiki?

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengendara Bila As Roda Mobil Bermasalah

Peredam kejut pada bagian mobilIstimewa Peredam kejut pada bagian mobil

Mekanik Aha Motor Tri Winarno, mengatakan untuk as roda yang rusak biasanya diganti satu set, tapi bisa juga dilakukan penggantian dengan produk aftermarket pada bagian yang rusaknya saja.

“Kerusakan paling ringan pada as roda adalah karet pelindung debu, atau bootnya, sebenarnya karet tersebut memastikan CV-Joint tetap terlumasi dengan oli di dalamnya, bila karet ini sobek maka oli akan menetes dan lama-lama akan mengering,” ucap Tri kepada Kompas.com, Sabtu (3/12/2022).

Dia mengatakan boot as roda yang sobek sebaiknya segera diganti agar tidak menyebabkan kerusakan lain yang membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Baca juga: Bahaya Biarkan Boot As Roda yang Sobek

As roda tipe independenKompas.com/Erwin Setiawan As roda tipe independen

“Kalau oli pada CV-Joint dibiarkan mengering, lama-lama CV-Joint bisa aus dan menyebabkan bunyi dan getaran saat mobil melaju,” ucap Tri.

Dia mengatakan CV-Joint yang sudah aus biasanya diganti satu set as roda karena CV-Joint yang orisinal tidak dijual di bengkel resmi.

CV-Joint tidak dijual di bengkel resmi, jadi kalau mau diganti CV-Joint-nya saja bisa menggunakan produk aftermarket, kami sudah sering melakukan hal tersebut dan hasilnya cukup memuaskan,” ucap Tri.

Baca juga: Mengenal Fungsi As Roda pada Mobil dengan Suspensi Independen

Dia juga mengatakan selama poros as roda tidak patah atau bengkok, maka as roda masih bisa diperbaiki termasuk melakukan penggantian CV-Joint dan karet boot as roda.

“Yang bisa diganti secara parsial ya CV-Joint dalam dan luar, boot as roda, itu saja, kalau poros as rodanya sudah patah atau bengkok sih sudah susah tapi itu jarang terjadi,” ucap Tri.

Jadi, ada beberapa perbaikan yang bisa dilakukan pada as roda mobil; penggantian CV-Joint yang sudah aus dan boot as roda yang sudah sobek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.