Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Datangnya hujan terkadang sulit diprediksi sehingga bisa datang kapan saja. Maka dari itu, setiap pemilik mobil perlu mewaspadai hal ini agar tidak alami kendala selama diperjalanan.

Namun bagi pemilik New Peugeot 5008 tidak perlu khawatir jika berkendara saat hujan. SUV premium dengan kenyamanan khas mobil Eropa tersebut memiliki fitur pengaman dikala turun hujan.

Fitur tersebut adalah Sensor Automatic Wiping (SAW), Automatic Headlamp (AH), Advanced Grip Control dan Defrost Control.

Baca juga: Sistem Keamanan Jaringan Mobil Honda dan Nissan Ternyata Bisa Diretas

Aftersales Support PT Astra International Peugeot Samsudin mengatakan, fitur-fitur pengaman hujan pada New Peugeot 5008 sangat mudah dioperasikan.

“Untuk Sensor Automatic Wiping dan Automatic Headlamp, pengemudi cukup mengatur posisi saklar pada tuas yang ada di balik setir. Pastikan diputar ke posisi automatis saat mesin mobil sudah dinyalakan. Begitupun ESP dan AGC yang saklarnya ada di kokpit, ketika mobil akan melintas trek berlumpur,” kata Samsudin pada keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

Fitur Sensor Automatic Wiping (SAW) merupakan peranti andalan dari generasi terbaru Peugeot yang berfungsi mengaktifkan tuas wiper secara otomatis, terutama saat mobil terkena rintikan air hujan.

Kemudian, karena pada saat akan atau turun hujan, intensitas cahaya disekitar biasanya ikut berkurang. Makanya dengan mengaktif sakelar Auto AH di tuas sebelah kanan, pada saat intensitas cahaya menurun atau redup, otomatis lampu akan nyala.

Baca juga: Bukan Pemanis Tampilan, Ini Fungsi Utama Door Visor

Lalu ada fitur Advanced Grip Control yang berfungsi untuk memberikan pilihan settingan mobil saat hendak melewati berbagai medan jalan yang akan dilalui.

Fitut ini juga dilengkapi oleh fitur ESP yang akan membantu mobil saat melalui medan jalanan berat. Dengan kata lain, mobil berstatus two wheel drive ini diklaim memiliki kemampuan layaknya four wheel drive.

Peugeot 5008 Allure SUV Peugeot 5008 Allure SUV

“Fungsi ESP untuk menjaga kestabilan kendaraan dari under atau over steer. Sedangkan Advanced Grip Control merupakan optimisasi dari traction control dengan 5 pilihan Grip Level. Diantaranya level Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF. Grip level dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi dengan switch yang ada di tengah console dashboard,” kata Samsudin.

Terakhir Heated Windscreen serta Rear Screen Demist atau Defrost Control yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil baik kaca depan maupun belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.