Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ajak Masyarakat Indonesia Berkontribusi Capai Netralitas Karbon

Kompas.com - 04/12/2022, 09:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program netralitasasi karbon sebagai upaya mencegah peningkatan risiko pemanasan global dan perubahan iklim lewat kampanye It’s Time For Everyone.

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyatakan komitmen untuk mencapai Net Zero Emission pada 2060, yang juga sejalan dengan target prinsipal Toyota Environmental Challenge 2050 merespon perubahan kondisi iklim.

Baca juga: Apa Benar Kurangi Tekanan Udara Ban Bikin Aman dari Aquaplaning?

“Lewat gerakan It’s Time For Everyone ini, Toyota menyediakan akses bagi masyarakat untuk bisa ikut berkontribusi dan bersama-sama mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau,” kata Henry pada keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

Kampanye ini dimulai dengan pengadaan waste station yang ditampilkan pada acara It’s Time For Everyone expo di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kali ini Toyota bekerjasama dengan Rekosistem untuk pengadaan, akan membangun waste station di berbagai titik di Pulau Jawa hingga 2023, di awali dari Jakarta, dan akan terus bertambah tiap tahunnya.

Sampah anorganik yang dikumpulkan pada waste station ini kemudian akan diolah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) bersama dengan tim Rekosistem.

Tidak berhenti disini, kedepan Toyota telah menyiapkan berbagai inisiatif Carbon Neutral Awareness, Carbon Reduction, dan Carbon Offset yang diharapkan mampu mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk ikut berkontribusi menciptakan lingkungan yang baik.

Beberapa inisiatif yang dilakukan antara lain, menyelenggarakan Carbon Neutral Workshop terkait isu global warming dan tantangan lingkungan di masa depan, dengan target penciptaan lebih dari 100 Agent of Change di tahun 2023 serta menghadirkan lebih banyak pilihan kendaraan elektrifikasi yang ramah lingkungan. 

TAM Ajak Masyarakat Berkontribusi untuk Pencapaian Netralitas KarbonTAM TAM Ajak Masyarakat Berkontribusi untuk Pencapaian Netralitas Karbon

Tidak hanya itu, Toyota akan memperkenalkan keterampilan eco safety driving lewat training of trainers untuk menciptakan lebih dari 85 eco safety driving trainer, hingga perbaikan ekosistem pantai lewat penanaman lebih dari 5.000 mangrove di tahun 2023.

Baca juga: Begini Jadinya Jika Toyota Bikin GR Prius

Pada keterangan yang sama, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, jika lewat kampanye It’s Time For Everyone, Toyota membuka kesempatan yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia untuk turut berkontribusi bersama kami dalam mencapai netralitas karbon.

“Kami yakin bahwa tiap individu mempunyai caranya masing-masing dalam mengurangi emisi karbon. Oleh karena itu, kami berupaya menyediakan berbagai pilihan produk maupun program ramah lingkungan yang dapat dipilih masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan lifestyle mereka,” kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com