Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Banjir dan Tanah Longsor, Segini Biaya Pasang Asuransi Mobil

Kompas.com - 03/12/2022, 18:10 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang tahun baru 2023, cuaca di Indonesia bakal didominasi hujan. Tak sampai di situ, sering kali dampak dari hujan deras berhari-hari menyebabkan banjir berikut tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah.

Bagi pemilik kendaraan tentu harus punya proteksi lebih buat mobil kesayangan, salah satunya dengan asuransi. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa asuransi bakal meringankan biaya perbaikan kendaraan yang rusak akibat bencana alam.

Sebagai informasi, terdapat dua jenis pertanggungan yang bisa dipilih untuk melindungi kendaraan, yaitu Comprehensive dan Total Loss Only (TLO).

Baca juga: Disebut Punya Tingkat Fatalitas Tertinggi, Ini Komentar Astra Cipali

Kerusakan akibat gempa di Kampung Cibeureum Kaler, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Sedikitnya 162 orang meninggal dunia, 326 warga luka-luka, dan 13.784 orang mengungsi akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kerusakan akibat gempa di Kampung Cibeureum Kaler, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Sedikitnya 162 orang meninggal dunia, 326 warga luka-luka, dan 13.784 orang mengungsi akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur.

Asuransi Comprehensive adalah perlindungan asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan sebagian seperti tergores dan penyok yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin di dalam polis.

Sementara TLO adalah kerugian total akibat risiko yang dijamin dalam polis hingga kehilangan kendaran. Adapun, sejumlah risiko yang dijamin adalah tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, hingga kebakaran.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli asuransi mobil?

Baca juga: Toyota Bakal Luncurkan Mobil Hybrid Grand Highlander pada Awal 2023

Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, mengatakan, harganya tentu bergantung dari paket yang diinginkan konsumen.

“Sekitar 0,3 persen dari harga pertanggungan, atau bahasa umumnya harga beli mobil. Misal harga mobil Rp 100 juta, preminya Rp 300.000 per tahun, hati tenang,” ujar Iwan, kepada Kompas.com (2/12/2022).

Sebagai contoh, buat Toyota Avanza 2022 All New 1.5 G CVT wilayah DKI Jakarta dengan harga pertanggungan Rp 269,8 juta.

Baca juga: Honda Siapkan Motor Listrik Harga Rp 16 Jutaan?

Asuransi mobilutah778 Asuransi mobil

Dalam simulasi yang ditawarkan Garda Oto, premi dasar untuk mobil ini berada di angka Rp 5.611.840, ditambah biaya administrasi Rp 50.000, menjadi Rp 5.661.840.

Sedangkan apabila konsumen ingin menambah perluasan, yang mencakup perbaikan karena dampak huru-hara, banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanah longsor.

Konsumen perlu menambah biaya perluasan sebesar Rp 674.500. Sehingga biaya yang dibutuhkan, yaitu Rp 5.661.840 (premi dasar+biaya administrasi) ditambah Rp 674.500 (perluasan), dan totalnya menjadi Rp 6.336.340.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Hai Sobat, apakah kamu sudah memiliki asuransi?

Apa jenis asuransi yang kamu pilih?

Apa tujuan Kamu dalam menggunakan asuransi tersebut?

Nama lengkap

No. HP

Provinsi domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Email

Tahun lahir

Apakah kamu memiliki keinginan untuk memiliki asuransi untuk masa depan?

Apa jenis asuransi yang kamu ingin miliki?

Terima kasih telah mengikuti survey ini.

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey Login

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.