Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Punya Tingkat Fatalitas Tertinggi, Ini Komentar Astra Cipali

Kompas.com - 03/12/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, selaku pengelola Tol Cipali, memberikan klarifikasi terkait bahasan Cipali Jadi Jalan Tol dengan Tingkat Fatalitas Tertinggi pada 25 November 2022 lalu.

Dalam klarifikasi hak jawab yang diterima redaksi, Astra Tol Cipali menjelaskan terkait data fatalitas di Tol Cipali pada Januari sampai Oktober 2022 yang diklaim justru mengalami penurunan.

"Terkait data fatalitas di Tol Cipali di bulan Januari sampai Oktober tahun 2022 turun 15,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Dengan tingkat fatality 2,91 di tahun 2021 menjadi 2,45 di tahun 2022. Dari data tersebut dapat dipastikan Tol Cipali bukan merupakan jalan tol yang memiliki angka fatalitas nomor satu di dunia," tulis keterangan Astra Tol Cipali, Jumat (2/12/2022).

Astra Tol Cipali menjelaskan, pihaknya selalu meningkatkan layanan lalu lintas dari segala aspek, termasuk keselamatan. Dengan program education, engineering, dan enforcement (3E), pihaknya juga berkomitmen menciptakan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Tidak Ada Pengecualian Pemberantasan ODOL

Pada sisi enforcement, Astra Tol Cipali menggandeng Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Polda Jawa Barat dalam melakukan penindakan batas kecepatan atau speed gun tiap bulan di sepanjang Tol Cipali, termasuk penindakan rutin truk overdimension dan overload (ODOL).

Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

Untuk program engineering, Astra Tol Cipali telah melakukan pemasangan pagar pembatas dari baja atau wire rope sepanjang 106 Km pada 2021.

Sebagai pilot project keselamatan, pihaknya juga mamasang marka speed reducer dengan jenis Chevron dan Dragon Teeth di 12 lokasi, serta alat timbang otomatis atau weight in motion (WIM) di Gerbang Tol Palimanan guna mendeteksi golongan kendaraan yang melintas.

Pada program education, secara massif dilakukan sosialisasi melalui berbagai akun resmi media sosial, spanduk, dan rambu pesan keselamatan serta imbauan sebagai media informasi ke pengguna jalan. Sosialisasi safety campaign dengan berbagi kopi gratis, talk show dengan pengujung rest area, serta buku saku keselamatan juga rutin dilakukan.

Seperti diketahui, sebelumnya Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno mengatakan, Tol Cipali merupakan jalan tol nomor satu di dunia dengan fatalitas kecelakaan paling tertinggi.

Baca juga: Honda Mulai Produksi Massal WR-V di Karawang

Petugas tengah melkaukan olah TKP kecelakaan di ruas jalan tol Cipali Kilometer (Km) 139+400, Selasa (15/11/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Petugas tengah melkaukan olah TKP kecelakaan di ruas jalan tol Cipali Kilometer (Km) 139+400, Selasa (15/11/2022).

Pernyataan itu diutarkan dalam tayangan Youtube Rapat Kerja Bidang Perhubungan Darat Tahun 2022, Kamis (24/11/2022). Bahkan dalam paparan tertulis Tol Cipali merupakan jalan tol yang memiliki fatalitas tertinggi di dunia dengan rata-rata satu korban jiwa per kilometer (km).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.