Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joan Mir dan Alex Rins Butuh Adaptasi dengan Motor Balap Honda

Kompas.com - 16/11/2022, 18:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah Suzuki hengkang, Joan Mir dan Alex Rins langsung diambil Honda. Alex Rins ditempatkan di LCR Honda, sementara Joan Mir bergabung bersama tim Repsol Honda di MotoGP 2023.

Debut mereka juga sudah terlaksana dengan turun pada tes MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, (8/11).

Dari hasil tes tersebut, Alex Rins mencatatkan waktu terbaik 1 menit 31,228 detik dan menempati urutan 20.

Baca juga: MotoGP Finlandia Batal, Sirkuit KymiRing Resmi Bangkrut

Pebalap asal Spanyol Alex Rins merayakan kemenangan pada balapan terakhir bersama Suzuki Ecstar. Balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki Ecstar jatuh pada MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap asal Spanyol Alex Rins merayakan kemenangan pada balapan terakhir bersama Suzuki Ecstar. Balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki Ecstar jatuh pada MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.

Sedangkan Joan Mir berada di posisi lebih baik dengan menempati peringkat 18 dengan torehan 1 menit 30,914 detik. Adapun tes terbaik Honda sejauh ini diraih Marc Marquez dengan berada di urutan 13.

Manajer tim Honda, Alberto Puig, menyoroti dua pebalap baru yang sudah melakukan debut bersama RC213V.

Sejauh ini, ia mengaku belum bisa memberikat penilaian terkait performa kedua pembalap. Pasalnya Mir dan Rins baru saja beralih dan mengendarai motor yang berbeda.

Baca juga: Kurang dari Sehari, Hyundai Ioniq 6 First Edition Ludes

Menurutnya, kemampuan kedua pebalap bisa terlihat setelah melewati beberapa tes lainnya. Maka dari itu, dia berharap Mir dan Rins bisa memanfaatkan waktu uji coba dengan baik agar bisa beradaptasi dengan RC213V.

"Bagi Alex dan Joan itu sulit, mereka tidak tahu motor ini. Jadi Anda tidak dapat mengharapkan rider yang baru saja tiba untuk memberikan rincian lengkap tentang informasi (motor) yang akurat," ucap Puig, disitat dari Motosan (16/11/2022).

Pada tes selanjutnya, seluruh pebalap Honda akan mengendarai RC213V dengan sejumlah ubahan terbaru.

Baca juga: Naik Bus AKAP ke Yogyakarta, Harga Tiketnya Mulai Rp 100.000-an

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

"Mereka sudah sangat terbiasa dengan motor yang lama (Suzuki). Jadi tidak mudah bagi mereka saat ini. Mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami motor baru," ujar Puig.

"Mungkin jika kami meningkatkan standar dan kami dapat mencapai apa yang kami cari, akan lebih mudah bagi mereka untuk memahami juga," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com