Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Negara dan Delegasi KTT G20 Pulang, Lalu Lintas Sekitar Bandara Bali Padat

Kompas.com - 16/11/2022, 18:24 WIB
|

NUSA DUA, KOMPAS.com – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah mencapai puncaknya pada hari ini, Rabu (16/11/2022). Polri pun siap melaksanakan pengamanan dan pengawalan kepulangan kepala negara dan delegasi KTT G20.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, mengatakan, pengawalan dan pengamanan kepulangan kepala negara dan delegasi akan berimbas pada penutupan dan pengalihan arus lalu lintas.

“Kepulangan para kepala negara dan delegasi akan padat mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WITA,” ujar Firman, disitat dari NTMC Polri (16/11/2022).

Baca juga: Kecelakaan Maut Tesla Model Y, Tak Ditemukan Adanya Tanda Pengereman

Presiden China Xi Jinping tiba di bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (14/11/2022) untuk menghadiri KTT G20 Indonesia 15-16 November 2022. Setelah bercakap sebentar usai turun dari bandara, Xi Jinping langsung memasuki sedan hitam dan diantar keluar bandara, diiringi beberapa mobil lain sebagai pengawal.KOMPAS.com/DANUR LAMBANG PRISTIANDARU Presiden China Xi Jinping tiba di bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (14/11/2022) untuk menghadiri KTT G20 Indonesia 15-16 November 2022. Setelah bercakap sebentar usai turun dari bandara, Xi Jinping langsung memasuki sedan hitam dan diantar keluar bandara, diiringi beberapa mobil lain sebagai pengawal.

Terkait adanya rekayasa lalu lintas tersebut, Firman pun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat jika perjalanannya terganggu.

“Kami mohon maaf dan meminta masyarakat maklum jika nantinya perjalanan terhambat akibat proses kepulangan para kepala negara dan delegasi,” ucap Firman.

Adapun ruas jalan yang ditutup nantinya yakni jalur dari akomodasi para kepala negara dan delegasi menginap menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai. Masyarakat pun diminta mencari jalur alternatif jika hendak beraktivitas.

Baca juga: Momen Emosional Quartararo Usai Gagal Mempertahankan Gelar Juara Dunia

“Beberapa ruas jalan yang nanti ditutup adalah akses menuju Bandara. Waktu penutupan cukup lama jadi masyarakat diminta mencari alternatif jalan atau bersabar jika terkena imbas penutupan,” kata Firman.

Lebih lanjut, ia menambahkan kepulangan para kepala negara dan delegasi nantinya akan melewati Tol. Namun jika angin di tol kencang maka akan melewati jalur alternatif atau arteri.

“Jika angin di tol melewati batas aman maka akan melewati jalur alternatif atau arteri. Untuk itu nantinya jalur alternatif atau arteri tersebut juga dilakukan penutupan,” tutur Firman.

Baca juga: Naik Bus AKAP ke Yogyakarta, Harga Tiketnya Mulai Rp 100.000-an

Wujud mobil kepresidenan Amerika Serikat Joe Biden, limosin lapis baja yang disebut super The Beast saat keluar dari Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Minggu (13/11/2022). Kompas.com/ Yohanes Valdi Seriang GintaYohanes Valdi Seriang Ginta Wujud mobil kepresidenan Amerika Serikat Joe Biden, limosin lapis baja yang disebut super The Beast saat keluar dari Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Minggu (13/11/2022). Kompas.com/ Yohanes Valdi Seriang Ginta

Terakhir ia pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pecalang yang ikut serta dalam proses kelancaran kepulangan para kepala negara dan delegasi KTT G20.

“Terima kasih kepada masyarakat dan pecalang yang turut serta dalam proses kelancaran kepulangan para kepala negara dan delegasi,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.