Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Surabaya Pakai Motor Listrik untuk Patroli

Kompas.com - 16/11/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar (Satlantas Polrestabes) Surabaya mulai menggunakan sepeda motor listrik untuk patroli hari ini, Rabu (16/11/2022).

20 unit motor listrik yang digunakan tersebut merupakan kendaraan listrik berbasis baterai yang diproduksi oleh PT Mobil Listrik Indonesia (Molindo).

Kasatlantas Polrestabes Surabaya Komisaris Polisi Arif Fazlurrahman mengatakan bahwa pemberian kendaraan listrik berbasis baterai ini diyakini jauh lebih hemat dibanding kendaraan berbahan bakar minyak.

Baca juga: Kymco Kenalkan Motor Listrik i-OneX di EICMA 2022

"Seluruhnya merupakan kendaraan listrik berbasis baterai dengan daya 72 volt dan 20 amperhour karya anak bangsa, yang diproduksi oleh PT Mobil Litsrik Indonesia atau Molindo," ucap Arif.

Selain sebagai bentuk impelementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022, penggunaan kendaraan listrik utnuk operasional patroli ini juga sebagai simbol dukungan terhadap suksesnya kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Rangkaian kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya untukk mendorong transisi energi teramah lingkungan bagi keberlanjutan ekosistem dunia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Molindo Setiajit menjelaskan bahwa 20 unit kendaraan listrik tipenya adalah DX-3, menghasilkan performa jarak tempuh 70 kilometer per pengisian listrik selama tiga hingga empat jam. Kecepatan maksimumnya adalah 70 kpj.

"Kami bersama teman-teman pengusaha sangat apresiasi terhadap polisi lalu lintas karena tugasnya semakin hari semakin berat. Bahkan harus menjadi trigger atau yang paling utama untuk mengurangi gas emisi maupun kebisingan. Oleh karena itu kami bareng-bareng ada beberapa orang pengusaha di sini untuk membantu polisi lalu lintas

Sedangkan tipe OX-7 mampu menghasilkan performa sejauh 80 kilometer untuk sekali pengisian listrik selama tiga sampai empat jam. Kecepatan maksmiumnya adalah 100 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.