Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2022, 17:21 WIB
|

NUSA DUA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Kapolri pun berkesempatan mengendarai mobil listrik tersebut saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Korps Brimob Polri di Command Center 91 ITDC, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Penggunaan mobil listrik dalam pengawalan dan pengamanan KTT G20 ini merupakan upaya Polri mendukung Indonesia dalam transisi energi menuju target nol emisi karbon.

Baca juga: Kecelakaan Tesla Model Y, Diduga Akibat Pedal Rem Tidak Berfungsi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh DIVISI HUMAS POLRI (@divisihumaspolri)

Sementara itu, jajaran Korps Bhayangkara telah menyiapkan sebanyak 176 kendaraan roda dua dan roda empat berbasis daya listrik sebagai kendaraan operasional KTT G20.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penggunaan mobil listrik oleh Kapolri merupakan wujud dukungan Polri untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam berupaya mencapai nol emisi karbon dan mendukung penggunaan green energy.

“Dalam rangka mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali yang dalam pelaksanaan operasional menggunakan mobil listrik. Ini juga sebagai wujud mendukung energi ramah lingkungan,” ujar Dedi, disitat dari laman Humas Polri (16/11/2022).

Baca juga: Alex Rins Bilang Mesin Suzuki Setara Ducati di MotoGP 2022

Mobil listrik Hyundai Ioniq yang digunakan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit PrabowoPolri.go.id Mobil listrik Hyundai Ioniq yang digunakan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

Untuk diketahui, pertemuan pimpinan dunia pada KTT G20 menjadi awal konversi mobil listrik di Indonesia.

Setidaknya 616 unit kendaraan listrik yang akan dioperasikan selama KTT G20 digelar 15-16 November 2022.

Berdasarkan data PLN, sebanyak 123 unit berupa Genesis G80 untuk tamu VVIP, 246 Hyundai Ioniq buat para delegasi, 124 unit Hyundai Ioniq buat leadcar, dan 123 unit Lexus UX300e untuk pengamanan.

Adapun Polri menyiapkan 176 kendaraan listrik. Jumlah itu terdiri dari 88 unit kendaraan roda empat dan 88 unit kendaraan roda dua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.