Kompas.com - 12/11/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi sepeda motor matik alias skutik, umumnya dilakukan tanpa banyak melakukan perubahan. Apalagi sampai menyenggol hal dasar layaknya sektor rangka.

Namun hal tersebut tak berlaku bagi Rainbow Moto Builder yang menerapkan konsep modifikasi radikal pada Yamaha XMAX dalam ajang IMOS 2022 lalu.

Rumah modifikasi yang bermarkas di Sukabumi, Jawa Barat itu, melakukan perubahan besar atau custom ulang XMAX menjadi sebuah Street Tracker.

Melihat sekilas tak ada yang menyangka custom Tracker tersebut berbasis skutik bongsor keluaran Yamaha, lantaran visualnya berubah total tanpa ada sisa tampilan standar.

Baca juga: Kawamaha, Modifikasi Yamaha Scorpio ala Kawasaki Vulcan

Tak ada lagi bodi pabrikan yang melekat, mulai dari bagian depan sampai belakang bertransformasi lengkap dengan hadirnya tangki seperti motor batangan pada umumnya.

Yamaha XMAX TrackerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Yamaha XMAX Tracker

Konsepnya cukup out of the box. Pemilik bisa mengendarai moge Tracker otomatis 250 cc tanpa repot memindahkan gigi, cukup mainkan gas dan mengontrol pengereman saja.

Transformasi yang dilakukan cukup menyeluruh. Sok depan diganti menggunakan model upside down Scarlet untuk memberikan kesan kokoh ala Tracker, diteruskan dengan spakbor custom, ban Battlax 120/70, serta kaliper Brembo.

Ubahan pada sektor kaki-kaki ini tak hanya sekadar membuat XMAX Tracker berotot, tapi mendongkrak sisi kemewahannya.

Baca juga: Modifikasi Honda Vario 125 Hyper Sporty, Keren buat Nongkrong

Masuk ke bagian pengendalian, terdapat speedometer digital keluaran Koso, handel rem original Brembo, serta setang keluaran Expedition.

Yamaha XMAX TrackerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Yamaha XMAX Tracker

Adanya tangki BBM mengindikasikan XMAX ini sudah mengalami adanya perubahan pada sektor rangka. Termasuk bagian belakang yang mengusung ala buntut tawon khas cafe racer plus tambahan stop lamp strip LED.

Beberapa cover yang melekat pada bagian sisi kanan-kiri, bisa ditebak buatan sendiri alias custom menggunakan pelat galvanis.

Urusan shockbraker belakang, ditunjang YSS G Sport yang berpadu dengan ban Battlax ring 14 140/70, pengereman Brembo, serta knalpot custom.

Baca juga: Modifikasi Suzuki GSX 1400 Bergaya Cafe Racer

Yamaha XMAX TrackerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Yamaha XMAX Tracker

Sentuhan terakhir yang menjadi daya tarik adalah pengecatan layaknya livery dengan hanya mengandalkan tiga permainan warna, yakni putih, merah, dan hitam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.