Kompas.com - 12/11/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda resmi memperkenalkan Accord generasi ke-11 dan menjanjikan jadi generasi yang paling canggih. Tapi, dari sisi tampilan, kesannya jadi lebih kalem dari model sebelumnya.

Dikutip dari Carscoops, Honda Accord terbaru punya desain yang lebih konservatif dibanding model sebelumnya. Bahkan dari bagian depan, hal yang paling unik adalah bagian kisi-kisi yang panjang, memperlihatkan mobil yang lebar ini.

Kalau dilihat dari samping, terlihat bodi yang lebih streamline, seperti kap mesinnya yang panjang dan tarikan garis atap yang landai sampai belakang. Pada bagian bodi juga cuma ada satu tarikan garis memanjang.

Baca juga: Honda Sebut Mobil Listrik Satu-satunya Solusi untuk Netralitas Karbon

Honda Accord Generasi ke-11CARSCOOPS.COM Honda Accord Generasi ke-11

Begitu juga di bagian belakang, Accord terbaru ini punya desain yang bersih atau clean. Lampu LED memang model baru, ditambah tutup bagasi yang dibuat seperti ada tambahan duck tail yang menyatu.

Honda memang belum memberikan spesifikasi lengkap, tapi dari foto yang disebar, Accord baru memakai spion sewarna bodi dan pelek 17 inci. Hadir juga varian yang lebih tinggi atau sport dengan beberapa bagian dicat hitam dan pelek berukuran lebih besar.

Soal ukuran, Accord baru lebih panjang 69 mm dari model sebelumnya. Secara rinci, panjang Accord gen-11 ini adalah 4.971 mm, lebar 1.862 mm, dan tinggi 1.450 mm dengan wheelbase 2.830 mm.

Baca juga: Mengapa Bangku Penumpang Bus Paling Depan Disebut Hot Seat?

Honda juga menjelaskan kalau kabin dari Accord gen-11 akan memakai bahan premium, bahkan diklaim punya leg room belakang 1.036 mm, 10 mm lebih panjang dari model sebelumnya.

Fitur yang ada di kabinnya pun membuat penumpang nyaman. Misal bangku kulit dengan heated dan ventilated seat, ada juga head-up display, wireless charging pad, dan 12-speaker Bose sound system.

Pilihan mesin dari Accord terbaru ada 1.5 liter turbo empat silinder yang menghasilkan 192 TK dan torsi 260 Nm. Tenaga tadi disalurkan dengan transmisi CVT yang dilengkapi dengan step-shift programming, memberi sensasi ganti gigi.

Honda Accord Generasi ke-11CARSCOOPS.COM Honda Accord Generasi ke-11

 

Selain itu, ada juga mesin 2.0 liter dengan motor listrik atau hybrid. Hasilnya tenaga 204 TK dan tosei 335 Nm, dipasang ke powertrain hybrid yang Honda klaim lebih responsive di kecepatan tinggi.

Untuk sisi safety, Accord akan dilengkapi Honda Sensing meliputi blind spot monitoring, adaptive cruise control, dan lane keeping assist yang lebih 'natural'.

Selain itu, dipasang juga asisten mengemudi untuk di kondisi jalan yang macet. Jadi mobil bisa mengikuti jalur sambil berjalan di kecepatan rendah.

Accord generasi ke-11 akan dibuat di Marysville, Ohio, Amerika Serikat. Untuk harganya, memang belum diumumkan oleh Honda, masih tunggu beberapa bulan lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.