Kompas.com - 07/11/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sedih karena harus berpisah, tapi Suzuki juga patut merayakan kemenangan yang dipersembahkan oleh Alex Rins. Pebalap Spanyol tersebut berhasil menang di MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo.

Meskipun gagal menjadi juara dunia MotoGP bersama Suzuki, tapi Rins sudah memberikan 17 podium dengan lima kemenangan di antaranya.

Rins punya hubungan yang cukup kuat dengan Suzuki. Sebab, tim pabrikan inilah yang menerima Rins dari Moto2. Sejak naik ke kelas MotoGP pada 2017, Rins tetap setia bersama Suzuki hingga terpaksa berpisah.

Baca juga: Kemenangan Rins Jadi Kado Perpisahan Suzuki di MotoGP

Tak heran jika dia merasa sangat emosional pada balapan terakhir bersama timnya tersebut. Bahkan, Rins mengaku tak kuat menahan air mata saat mengucapkan perpisahan pada timnya.

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022). Rins kini beraksi di MotoGP Inggris 2022, Jumat (5/8/2022). Rins akan melakoni balapan terakhir bersama Suzuki pada seri MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022).AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022). Rins kini beraksi di MotoGP Inggris 2022, Jumat (5/8/2022). Rins akan melakoni balapan terakhir bersama Suzuki pada seri MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022).

"Itu sangat gila. Sepanjang akhir pekan saya mencoba tetap tenang dan tidak menunjukkan emosi sedikit pun," ujar Rins, dikutip dari Speedweek.com, Senin (7/11/2022).

"Tapi, saat di starting grid, ketika saya mengucapkan selamat tinggal kepada semua anggota tim, saya menangis. Saya menangis sangat keras karena ini adalah adalah enam tahun yang menyenangkan," katanya.

Rins pun mencoba untuk fokus lagi jelang balapan. Ternyata, emosinya tersebut menjadi motivasi yang kuat dan berhasil membuatnya menang.

Baca juga: Alex Rins Mau Cicil Motor MotoGP Suzuki GSX-RR

Rins yang start dari posisi kelima bisa langsung memimpin jalannya balapan sejak masuk tikungan pertama. Dia terus berada di depan hingga melewati garis finis.

Suzuki ucapkan perpisahan dengan penggemar di MotoGP Valencia 2022Dok. Suzuki Suzuki ucapkan perpisahan dengan penggemar di MotoGP Valencia 2022

"Tidak mudah untuk mengendalikan balapan ini, karena saya memimpin sepanjang balapan dan yang lainnya hanya 0,5 detik atau 0,7 detik di belakang saya," ujar Rins.

Menurut Rins, sangat penting untuk tidak melakukan kesalahan. Pada akhirnya, dia berhasil dan mengaku sangat senang dan sangat bangga.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

"Saya pantas menang, Suzuki pantas menang, dan semua penggemar yang paling pantas mendapatkannya. Dengan kesuksesan ini, kami menunjukkan pada dunia bahwa Suzuki masih punya potensi yang luar biasa. Tapi, pada akhirnya ini adalah keputusann mereka dan saya menerimanya. Saya melakukan apa yang saya bisa," ujar Rins.

"Perasaan ini bercampur. Proyek ini memiliki potensi yang luar biasa, tapi satu hal yang bisa saya lakukan. Saya akan meminta pada mereka untuk memberikan saya motor ini. Saya menang, saya patut memilikinya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.