Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 10:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bunyi kasar saat mesin dinyalakan bisa muncul tiba-tiba. Salah satu komponen yang sering menyumbang bunyi, yaitu alternator atau dinamo ampere.

Jika komponen ini sudah bunyi, maka suara mesin menjadi kasar sehingga pemilik kendaraan akan cenderung takut menggunakan mobil untuk perjalanan jauh.

Jika di bengkel resmi, bila dinamo ampere bunyi biasanya disarankan untuk mengganti satu gelondong, tapi bila di bengkel luar, komponen ini bisa dibongkar untuk diperbaiki.

Baca juga: 2 Cara Praktis Mengecek Dinamo Ampere Mobil

Kedua bearing ini kerap menimbulkan bunyi karena menjadi tumpuan poros dinamo ampereKompas.com/Erwin Setiawan Kedua bearing ini kerap menimbulkan bunyi karena menjadi tumpuan poros dinamo ampere

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Anang Wahyu, mengatakan pada kondisi tertentu dinamo ampere yang bunyi bisa diperbaiki.

“Setidaknya ada tiga sumber bunyi yang bisa diperbaiki dengan perhitungan biaya yang murah, soalnya kalau rusaknya itu pada bagian lain biaya perbaikannya akan jauh lebih mahal,” ucap Anang kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Dia mengatakan sumber bunyi tersebut dari bearing dinamo ampere, ada dua, depan dan belakang.

Baca juga: Apa Itu Alternator, Sering Disebut Komponen Vital pada Mobil?

Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobilKompas.com/Erwin Setiawan Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobil

 

“Karakter bunyi yang diakibatkan oleh bearing dinamo ampere yang aus adalah bunyi kasar atau gemuruh di area mesin, bisa dipastikan dengan alat sound scope untuk memeriksanya,” ucap Anang.

Dia juga mengatakan bisa juga dengan melepas drive belt untuk sementara lalu mesin dihidupkan.

“Jika bunyi kasarnya hilang, maka dapat dipastikan bunyi tersebut bersumber dari komponen yang diputarkan oleh drive belt, dinamo ampere salah satunya,” ucap Anang.

Baca juga: Upgrade Aki dan Alternator, Ada Risiko yang Harus Ditanggung

Poros puli dinamo ampere didesain khusus bisa berputar satu arah, bila itu macet akan membuat dinamo ampere bunyi kasar sesaat setelah mesin dimatikan Kompas.com/Erwin Setiawan Poros puli dinamo ampere didesain khusus bisa berputar satu arah, bila itu macet akan membuat dinamo ampere bunyi kasar sesaat setelah mesin dimatikan

Selain dari bearing dinamo ampere, Anang mengatakan bunyi kasar juga bisa disebabkan oleh puli dinamo ampere.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.