Ganti Aki dengan Kapasitas Lebih Besar Bisa Merusak Alternator?

Kompas.com - 22/09/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comAki merupakan komponen mobil yang perlu diperiksa secara rutin. Jika sudah soak, pemilik harus menggantinya dengan yang baru. Di pasaran, tersedia banyak pilihan aki berdasarkan dari kapasitasnya.

Setiap mobil sebenarnya memiliki spesifikasi kapasitas akinya sendiri, tergantung dari kebutuhan kendaraannya. Lalu apa efeknya jika memakai aki yang kapasitasnya lebih tinggi dari standarnya?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menganalogikan alternator sebagai pompa dan aki ibarat bannya. Walaupun pompanya kecil, tetap bisa memompa ban yang besar sampai keras.

Baca juga: Pilih Mana, CBR150R, R15 atau GSX-R150?

Alternator mobilcarvaganza.com Alternator mobil

“Artinya kapasitas ampere aki yang besar, asalkan tegangan yang dihasilkan alternator masih sesuai, maka arus yang masuk ke aki tetap bisa berlangsung. Namun karena ukurannya lebih besar, maka mengisinya perlu lebih lama,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Jadi jika memakai aki yang kapasitasnya lebih besar, kerja alternator akan lebih lama untuk megisi aki. Sedangkan jika aki sudah terisi, ada regulator yang membuat kerja alternator lebih ringan. Namun beda ceritanya kalau mobil sudah dimodifikasi yang membutuhkan tekanan yang besar.

Baca juga: Ini Alasan Nyetir Mobil Sendiri Juga Perlu Pakai Masker

“Kalau pasang aksesoris yang butuh watt besar namun akinya kecil, kurang mampu menyuplai kebutuhan arus. Maka ketika mesin menyala, alternator ikut membantu aki memenuhi kebutuhan tegangan,” ucap Suparna.

Suparna melanjutkan, bila kebutuhan arus terlalu besar, melebihi kapasitas aki dan alternator maka bisa terjadi kerusakan pada aki dan alternator. Kedua komponen ini akan overload sehingga umur pakainya jadi lebih pendek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.