Apa Itu Alternator, Sering Disebut Komponen Vital pada Mobil?

Kompas.com - 31/12/2020, 11:22 WIB
Alternator mobil carvaganza.comAlternator mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kelistrikan mobil dirasa mulai bermasalah, sebagian orang mungkin akan langsung menuduh aki sebagai penyebabnya. Padahal, bukan tak mungkin sumber permasalahan tersebut malah datangnya dari alternator.

Alternator adalah komponen vital pada mobil, yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik yang menyuplai kebutuhan kendaraan.

Baca juga: Ganti Aki dengan Kapasitas Lebih Besar Bisa Merusak Alternator?

Cara kerja alternator adalah mengubah tenaga kinetis menjadi tenaga listrik. Jika kondisi alternator tidak baik, aki mobil bisa dipastikan hanya berusia pendek.

Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.

Setelah listrik disuplai ke semua komponen yang membutuhkan daya, maka aki tidak akan dapat menyuplai listrik lagi dengan baik. Dampaknya, mobil jadi susah dihidupkan alias mogok.

"Kalau di mobil lama, alternator rusak itu bisa diketahui dari lampu indikator aki menyala. Tapi sekarang, dengan adanya ECU, bisa saja lampu indikator mesin yang menyala," ujar Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ketika alternator mobil mulai bermasalah, biasanya lampu mobil juga akan terlihat redup saat mobil dalam keadaan diam (idle). Ketika rpm tinggi, lampu mobil baru akan kembali terang. Jika hal ini terjadi, kemungkinan alternator yang bermasalah.

Baca juga: Merawat Alternator Sejatinya Mudah Dilakukan

"Banyaknya aksesori aftermarket yang dipasang di mobil juga bisa memengaruhi kinerja alternator. Dampaknya, pengisian aki oleh alternator akan mengalami gangguan dan aki akan cepat melemah alias tekor," kata Didi.

Menurut Didi, alternator pada mobil sekarang ini sudah jauh lebih canggih dari yang dulu.

"Kalau (mobil) dulu, modelnya masih cut out atau terpisah. (Mobil) sekarang ini, sudah built-in. Untuk perawatannya, yang penting memerhatikan pemakaian kelistrikannya," ujar Didi.

Dengan penambahan aksesori kelistrikan yang berlebihan, beban pada alternator dan aki menjadi berlebih. Sehingga, mobil bisa saja menjadi sulit untuk dihidupkan.

Dinamo ampere atau alternator pada mobil saat terjadi kerusakan dapat menimbulkan masalah kelistrikan.Setyo Adi/Otomania Dinamo ampere atau alternator pada mobil saat terjadi kerusakan dapat menimbulkan masalah kelistrikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X