Kompas.com - 26/10/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada acara pameran kendaraan industri di Bauma, Munich, Jerman, Fuso juga memboyong generasi terakhir dari truk light duty yakni Canter.

Secara varian, Canter tersedia dalam enam pilihan wheelbase (dari 2,5 m sampai 4,75 m), tiga mesin (130 TK sampai 175 TK), dan tiga pilihan kepala truk (standard, comfort, dan double cabin).

Berkat pilihan varian yang sangat luas, Canter jadi bisa disesuaikan dengan keinginan customer. Sebut saja jadi flat bed atau sampai special vehicle juga bisa dibuat dengan basis Canter yang kuat.

Baca juga: Lihat Keandalan Fuso eCanter Jadi Truk di Area Konstruksi

Robust, effizient und batterieelektrisch: Daimler Truck-Tochter FUSO präsentiert auf der bauma 2022 den Next Generation eCanter mit Abrollkipper für die Baubranche 

Robust, efficient and battery-electric: Daimler Truck subsidiary FUSO presents the Next Generation eCanter with roll-off tipper for the construction industry at bauma 2022 Daimler Truck Global Communicati Robust, effizient und batterieelektrisch: Daimler Truck-Tochter FUSO präsentiert auf der bauma 2022 den Next Generation eCanter mit Abrollkipper für die Baubranche Robust, efficient and battery-electric: Daimler Truck subsidiary FUSO presents the Next Generation eCanter with roll-off tipper for the construction industry at bauma 2022

Selain itu, kalau mau memasang bodi dengan sistem hidraulis, sudah disiapkan juga pompa beserta kompresor. Selain itu, dengan mesin yang sudah dikembangkan saat ini dan sistem knalpot baru, Canter bisa memenuhi standar emisi Euro 6 Step E.

Soal desain, Canter kini punya tampilan layaknya eCanter yang juga baru diperkenalkan belum lama ini. Desain tegas bisa dilihat pada bagian depan yang disebut 'Black Belt', menyambungkan headlamp kanan dan kiri.

Kemudian, Canter baru juga meningkatkan standar keselamatannya untuk pengguna jalan lain. Seperti sekarang, Canter dilengkapi dengan Sideguard Assist, sistem yang memakai radar untuk mendeteksi objek yang ada di sisi penumpang dan tidak terlihat pengemudi.

Baca juga: Truk Molen Masa Depan, Prototipe Arocs Electric dengan Bodi Mixer


Jadi nantinya ada peringatan kepada pengemudi kalau ada risiko Canter akan mengenai objek tersebut. Fitur lain seperti emergency braking system, ESP, lane departure warning system juga termasuk di Canter terbaru.

Kemudian, dari sisi kenyamanan juga sudah ditingkatkan dari Canter sebelumnya, seperti lampu LED yang 30 persen lebih terang. Kabin juga dibuat lebih senyap dan memiliki visibilitas yang lega untuk pengemudi.

Untuk Canter yang dijual di Indonesia saat ini, memang masih memiliki bentuk yang sama dengan model sebelumnya. Truk yang identik dengan warna kuning ini sekarang sudah memiliki mesin dengan standar Euro 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.