Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 Masih Inden Setahun Lebih

Kompas.com - 26/10/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur mengungkapkan, saat ini masa tunggu alias inden untuk Ioniq 5 masih mencapai satu tahun lebih.

Padahal, mobil tersebut sudah diproduksi di dalam negeri melalui pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMID) yang terletak di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

"Saat ini (inden Ioniq 5) lebih dari setahun, 15 bulan at least. Kondisinya ya masih seperti itu," kata dia saat ditemui di sela-sela seremoni penyerahan Genesis G80 dan Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).

Baca juga: Yamaha Klaim Telah Kembangkan EV Selama 30 Tahun

Konsep Hotel Hyundai yang ditenagai oleh mobil listrik Ioniq 5Dok. Hyundai Konsep Hotel Hyundai yang ditenagai oleh mobil listrik Ioniq 5

Lebih rinci, Makmur mengatakan bahwa penerimaan terhadap mobil listrik tersebut sangat luar biasa. Bahkan melampaui ekspektasi perseroan yaitu mencapai 4.500-an unit.

Dari jumlah tersebut, data terbaru yang masuk ke pihak HMID, baru 1.000 unit saja yang diserahkan ke konsumen. Jadi, masih ada selisih sekitar 3.400 unit.

"Kita inden sekitar 3.400 unit, yang sudah disuplai lebih dari 1.000 unit. Jadi memang permintaannya sangat tinggi," ujar Makmur.

"Kita kaget juga penerimaan EV sangat besar karena dua tahun lalu hanya 100 unit. Lalu meningkat jadi 600 unit dan tiba-tiba bookingan tahun ini saja sudah lebih dari 4.500-an unit. Ini tren yang sangat bagus sebenarnya," ucap dia, melanjutkan.

Baca juga: Genesis G80 dan Ioniq 5 untuk G20 Langsung Diterbangkan ke Bali

Hanya saja, Makmur tidak menjelaskan secara rinci penyebab produksi dan inden yang mengular tersebut.

Kemungkinan terbesarnya, karena masih ada kendala terhadap pasokan cip semikonduktor, sementara permintaan dari pasar terus melonjak.

Sehingga percepatan aktivitas perakitan belum bisa mengimbanginya meski setiap bulan tercatat mengalami peningkatan, terkhusus pada periode Juli-September 2022 sebagaimana diolah dari data Gaikindo.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.