Kompas.com - 25/10/2022, 18:31 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Yamaha E01 jadi pilihan menarik buat konsumen yang mencari motor listrik. Meski begitu, motor ini sejatinya masih berupa konsep, dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih melakukan tes pasar sebelumnya menjualnya secara resmi.

Salah satu daya tarik E01 adalah jarak tempuhnya yang bisa menembus 100 Km, atau sejauh 104 Km berdasarkan klaim Yamaha.

“E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km, dalam kondisi baterai terisi penuh, lalu motor melaju dengan kecepatan maksimal 60 kpj pada mode Eco,” ujar Hendra Wijaya, Manager After Sales PT YIMM, di Bogor (25/10/2022).

Baca juga: Cerita Pemilik Hyundai Creta Kerap Mengadat, Tidak Mau Distarter

Ilustrasi wall charger bawaan Yamaha buat motor listrik E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi wall charger bawaan Yamaha buat motor listrik E01

Untuk diketahui, E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai berjenis Lithium Ion yang dilengkapi dengan built in Battery Management System berkapasitas 4.9 kWh dan daya 87.6 V / 56.3 Ah.

Baterai ini bisa diisi dayanya dalam tiga opsi charger yang tersedia, yaitu Fast Charger, Normal Charger, dan juga Portable Charger.

Pada mode Portable Charger, untuk mengisi daya dari 0 sampai 100 persen membutuhkan waktu 14 jam. Sebagai tambahan, pada mode ini konsumen bisa melakukan charging di rumah dengan daya minimal 2.200 watt.

Baca juga: Tes Kesenyapan 5 LMPV Terlaris, Siapa Paling Senyap?

Sementara pada opsi Normal Charger dengan wall charger dari Yamaha, perlu waktu 5 jam untuk mengisi dari 0 ke 100 persen. Pada mode ini Yamaha merekomendasikan rumah memiliki daya minimal 3.500 watt.

Adapun saat menggunakan opsi Fast Charger hanya butuh waktu 1 jam untuk mengisi daya dari 0 sampai 90 persen. Opsi Fast Charger ini kabarnya bakal tersedia di diler-diler Yamaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.