Kompas.com - 25/10/2022, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenyamanan berkendara jadi salah satu hal yang dicari konsumen saat membeli mobil. Oleh sebab itu, kesenyapan kabin jadi parameter penting yang bisa mendukung hal tersebut.

Dalam Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2022, kali ini lima LMPV alias MPV murah terlaris di Indonesia diadu kesenyapan kabinnya dalam beberapa kondisi.

Untuk diketauhui, redaksi Kompas.com mengukur tingkat kesenyapan di interior menggunakan alat berupa DB Meter dengan skala desibel (db).

Baca juga: Ini 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Ilustrasi alat DB Meteralatproyek.com Ilustrasi alat DB Meter

Pada pengetesan kali ini terdapat tiga parameter, pertama idle di mana mesin dalam kondisi menyala dan AC on.

Kemudian, pada parameter kedua mobil melaju di jalan aspal dengan kecepatan 60 kpj. Dan, parameter ketiga mobil melaju di jalan beton dengan kecepatan 60 kpj.

Kelima mobil yang dites, yakni Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Hyundai Stargazer, Suzuki Ertiga, dan Toyota Veloz, diambil datanya secara bersamaan di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Jawaban Resmi Hyundai Indonesia Soal Baterai Ioniq 5 yang Bermasalah

Pada kondisi mesin idle, pengaturan fan speed AC diatur pada level terendah, sementara suhunya ditaruh di level paling tinggi. Sementara itu, AC belakang dinyalakan dengan fan speed terendah.

Metode pengetesannya, DB Meter diletakkan di posisi tengah-tengah, lalu mesin jangan di-kick down, serta pastikan area di sekitar mobil tidak terlalu ramai.

Baca juga: Kapolri Imbau Perpanjang SIM Manfaatkan Aplikasi SINAR

Komparasi LMPV - Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki ErtigaKompas.com Komparasi LMPV - Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga

Berikut ini hasil tes kesenyapan kabin 5 LMPV terlaris di Indonesia:

1. Daihatsu Xenia
- Idle 44,5 db
- Jalan Aspal 58,2 db
- Jalan Beton 59,7 db

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.